CONTOH SOAL UKG GURU KELAS
NB : Bagian yang bercetak miring merupakan jawaban dari soal tersebut.
Selamat belajar dan sukses selalu.
1) Di bawah ini adalah jenis perilaku yang dikembangkan Quellmalz, kecuali:
| ||||||
A.
|
ingatan
| |||||
B.
|
mencipta
| |||||
C.
|
perbandingan
| |||||
2)
Norman E. Gronlund dan R.W. de Maclay mengembangkan domain psicomotor dengan urutan berikut.
| ||||||
A.
|
persepsi, kesiapan, mekanisme, respon terpimpin respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai
| |||||
B.
|
persepsi, respon terpimpin, mekanisme; kesiapan, respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai
| |||||
C.
|
persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme; respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai
| |||||
3)
| |||||||||||||
Hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau perasaan dalam mengukur sikap termasuk dalam dimensi:
| |||||||||||||
A.
|
toleransi
| ||||||||||||
B.
|
afeksi
| ||||||||||||
C.
|
konasi
| ||||||||||||
4)
| |||||||||||||
Penilaian yang dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara langsung adalah salah satu kelebihan dari teknik penilaian;
| |||||||||||||
A.
|
tes lisan
| ||||||||||||
B.
|
tes tertulis
| ||||||||||||
C.
|
tes perbuatan
| ||||||||||||
5)
| |||||||||||||
Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:
| |||||||||||||
A.
|
dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan peserta didik dalam menentukan waktu dan tempat tes.
| ||||||||||||
B.
|
lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian
| ||||||||||||
C.
|
hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik
| ||||||||||||
6)
| |||||||||||||
Validitas dalam penyusunan instrumen non tes yang mengacu berdasarkan teori adalah:
| |||||||||||||
A.
|
validitas konstruk
| ||||||||||||
B.
|
validitas prediktif
| ||||||||||||
C.
|
validitas empiris
| ||||||||||||
7)
| |||||||||||||
Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut ini adalah...
| |||||||||||||
A.
|
tes tertulis
| ||||||||||||
B.
|
tes lisan
| ||||||||||||
C.
|
tes kinerja
| ||||||||||||
8)
| |||||||||||||
Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut
| |||||||||||||
A.
|
ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi
| ||||||||||||
B.
|
ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis, dan evaluasi
| ||||||||||||
C.
|
ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
| ||||||||||||
9)
| ||||||||||||
Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali:
| ||||||||||||
A.
|
menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya
| |||||||||||
B.
|
menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya
| |||||||||||
C.
|
menentukan kriteria ketuntasan minimal
| |||||||||||
10)
| ||||||||||||
Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan materi terkait dengan assesmen, kecuali:
| ||||||||||||
A.
|
urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
| |||||||||||
B.
|
relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain
| |||||||||||
C.
|
ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik
| |||||||||||
11)
| ||||||||||||||
Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagai sarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar peserta didik. Berikut ini yang merupakan teknik penilaian melalui tes adalah...
| ||||||||||||||
A.
|
teknik wawancara
| |||||||||||||
B.
|
observasi
| |||||||||||||
C.
|
lembar penilaian fortofolio
| |||||||||||||
12)
| ||||||||||||||
Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...
| ||||||||||||||
A.
|
menggunakan kata kerja operasional
| |||||||||||||
B.
|
kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum
| |||||||||||||
C.
|
komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami
| |||||||||||||
13)
| |||||||
Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:
| |||||||
A.
|
prkatik/kinerja
| ||||||
B.
|
portofolio
| ||||||
C.
|
penilaian diri
| ||||||
14)
| |||||||
Tahap persiapan, tahap proses/produksi dan tahap akhir/hasil, merupakan beberapa aspek yang dinilai dalam penilaian...
| |||||||
A.
|
performance Assessment
| ||||||
B.
|
verbal
| ||||||
C.
|
product
| ||||||
15)
| |||||||||
Yang merupakan tes kreativitas adalah...
| |||||||||
A.
|
tes verbal
| ||||||||
B.
|
tes lisan
| ||||||||
C.
|
tes analisis
| ||||||||
16)
| |||||||||
Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa:
| |||||||||
A.
|
stándar kompetensi
| ||||||||
B.
|
kompetensi dasar
| ||||||||
C.
|
standar kompetensi kelulusan
| ||||||||
17)
| ||||||||||
Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
| ||||||||||
A.
|
obyektif
| |||||||||
B.
|
valid
| |||||||||
C.
|
akuntabel
| |||||||||
18)
| ||||||||||
Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:
| ||||||||||
A.
|
afektif
| |||||||||
B.
|
psikomotor psikologis
| |||||||||
C.
|
psikologis
| |||||||||
19)
| |||||||
Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
| |||||||
A.
|
obyektif
| ||||||
B.
|
valid
| ||||||
C.
|
sistematis
| ||||||
20)
| |||||||
kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laku melalui latihan dan pengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang dapat diukur melalui: toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuran adalah definisi operasional dari:
| |||||||
A. aktivitas belajar
| |||||||
B. motifasi berprestasi
| |||||||
C. minat belajar
| |||||||
21)
| ||||||||
Di bawah ini merupakan kaÃdah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi, kecuali:
| ||||||||
A.
|
soal harus sesuai dengan indikator
| |||||||
B.
|
setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan
| |||||||
C.
|
ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
| |||||||
22)
| ||||||||
Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir soal, kecuali:
| ||||||||
A.
|
menentukan batas ketuntasan/kelulusan
| |||||||
B.
|
menentukan kompetensi yang akan diujikan
| |||||||
C.
|
menentukan materi yang diujikan
| |||||||
23)
| ||||||||||
Dalam penulisan soal bentuk uraian hal yang sulit adalah menyusun pedoman penskorannya. Berdasarkan metode penskorannya. bentuk uraian diklasifikasikan menjadi 2 yaitu....
| ||||||||||
A.
|
evaluasi dan analisis
| |||||||||
B.
|
komunikatif dan inovatif
| |||||||||
C.
|
uraian objektif dan uraian non-objektif
| |||||||||
24)
| ||||||||||
Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang, kaidah penulisan soal pilihan ganda berdasarkan kaidah:
| ||||||||||
A.
|
materi
| |||||||||
B.
|
kejelasan
| |||||||||
C.
|
bahasa
| |||||||||
25)
|
Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
| |||||
A.
|
sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
| ||||
B.
|
merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
| ||||
C.
|
Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan mellaui metode kualitatif atau kuantitatif
| ||||
26)
| |||||
KKM sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Pernyataan tersebut merupakan:
| |||||
A.
|
prinsip KKM
| ||||
B.
|
tujuan KKM
| ||||
C.
|
manfaat KKM
| ||||
27)
| ||||||||
Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau pengecohnya merupakan syarat dari...
| ||||||||
A.
|
penyusunan kisi-kisi
| |||||||
B.
|
perumusan indikator soal
| |||||||
C.
|
penentuan dan penyebaran soal
| |||||||
28)
| ||||||||
Materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik adalah pertimbangan untuk dimuat dalam butir-butir soal berdasarkan kriteria:
| ||||||||
A.
|
urgensi
| |||||||
B.
|
kontinuitas
| |||||||
C.
|
relevansi
| |||||||
29)
| ||||||||
Penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan adalah:
| ||||||||
A.
|
penilaian projeck
| |||||||
B.
|
penilaian kinerja
| |||||||
C.
|
penilaian portofolio
| |||||||
30)
| ||||||||
Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapat ini dikemukakan oleh...
| ||||||||
A.
|
Grondlund
| |||||||
B.
|
Crites
| |||||||
C.
|
Crites
| |||||||
31)
| ||||||||
Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkan Linn dan Gronlund, kecuali:
| ||||||||
A.
|
menjelaskan
| |||||||
B.
|
hubungan sebab-akibat
| |||||||
C.
|
membandingkan
| |||||||
32)
| ||||||||
Assesmen hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
| ||||||||
A.
|
objektip,
| |||||||
B.
|
kooperatip;
| |||||||
C.
|
terpadu.
| |||||||
33)
| |||||||||||
Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
| |||||||||||
A.
|
obyektif
| ||||||||||
B.
|
valid
| ||||||||||
C.
|
sistematis
| ||||||||||
34)
| |||||||||||
Daftar pertanyaan merupakan bentuk instrumen untuk teknik penilaian:
| |||||||||||
A.
|
tes tertulis
| ||||||||||
B.
|
tes kinerja
| ||||||||||
C.
|
portofolio
| ||||||||||
35)
| |||||||||
Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahap akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalah penilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
| |||||||||
A.
|
produk
| ||||||||
B.
|
penugasan
| ||||||||
C.
|
lisan
| ||||||||
36)
| |||||||||
Materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain adalah hal penting dalam membuat soal berdasarkan kriteria:
| |||||||||
A.
|
kontinuitas
| ||||||||
B.
|
urgensi
| ||||||||
C.
|
relevansi
| ||||||||
37)
| ||||||||||||
Sebuah penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan adalah:
| ||||||||||||
A.
|
penilaian projeck
| |||||||||||
B.
|
penilaian kinerja
| |||||||||||
C.
|
penilaian produk
| |||||||||||
38)
| ||||||||||||
Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah:
| ||||||||||||
A.
|
pengukuran
| |||||||||||
B.
|
penilaian
| |||||||||||
C.
|
evaluasi
| |||||||||||
39)
| |||||||||
Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah:
| |||||||||
A.
|
pengukuran
| ||||||||
B.
|
pensekoran
| ||||||||
C.
|
penilaian
| ||||||||
40)
| |||||||||
Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali:
| |||||||||
A.
|
menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi;
| ||||||||
B.
|
dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek.
| ||||||||
C.
|
dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran;
|