Tuesday, May 7, 2013

CONTOH SOAL UKG GURU KELAS SD - MANUAL

CONTOH SOAL UKG GURU KELAS


NB : Bagian yang bercetak miring merupakan jawaban dari soal tersebut.
Selamat belajar dan sukses selalu.

1)       Di bawah ini adalah jenis perilaku yang dikembangkan Quellmalz, kecuali:


A.
ingatan


B.
mencipta 


C.
perbandingan 

2)
Norman E. Gronlund dan R.W. de Maclay mengembangkan domain psicomotor dengan urutan berikut.


A.
persepsi, kesiapan, mekanisme, respon terpimpin respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai 

B.
persepsi, respon terpimpin, mekanisme; kesiapan, respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai

C.
persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme; respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai 

3)
Hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau perasaan dalam mengukur sikap termasuk dalam dimensi:

A.
toleransi 


B.
afeksi 


C.
konasi



4)
Penilaian yang dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara langsung adalah salah satu kelebihan dari teknik penilaian;


A.
tes lisan 


B.
tes tertulis


C.
tes perbuatan 



5)
Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:

A.
dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan peserta didik dalam menentukan waktu dan tempat tes.


B.
lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian


C.
hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik 


6)
Validitas dalam penyusunan instrumen non tes yang mengacu berdasarkan teori adalah:


A.
validitas konstruk 


B.
validitas prediktif


C.
validitas empiris



7)
Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut ini adalah...

A.
tes tertulis


B.
tes lisan 


C.
tes kinerja


8)
Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut


A.
ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi 


B.
ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi 


C.
ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi



9)
Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali:

A.
menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya


B.
menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya


C.
menentukan kriteria ketuntasan minimal


10)
Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan materi   terkait dengan assesmen, kecuali:


A.
urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,


B.
relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain


C.
ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik 



11)
Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagai sarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar peserta didik. Berikut ini yang merupakan teknik penilaian melalui tes adalah...


A.
teknik wawancara 

B.
observasi 

C.
lembar penilaian fortofolio
12)

Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...


A.
menggunakan kata kerja operasional 


B.
kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum


C.
komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami 


13)


Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:


A.
prkatik/kinerja 


B.
portofolio 


C.
penilaian diri


14)

Tahap persiapan, tahap proses/produksi dan tahap akhir/hasil, merupakan beberapa aspek yang dinilai dalam penilaian...


A.
performance Assessment

B.
verbal 

C.
product 

15)

Yang merupakan tes kreativitas adalah...


A.
tes verbal 


B.
tes lisan


C.
tes analisis 



16)

Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa:


A.
stándar kompetensi 

B.
kompetensi dasar

C.
standar kompetensi kelulusan

17)
Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:


A.
obyektif


B.
valid 


C.
akuntabel 


18)

Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:

A.
afektif 

B.
psikomotor psikologis

C.
psikologis

19)

Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:


A.
obyektif


B.
valid 


C.
sistematis 



20)

kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laku melalui latihan dan pengalaman   dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang dapat diukur melalui: toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuran adalah definisi operasional dari:


A. aktivitas belajar

B. motifasi berprestasi


C. minat belajar


21)

Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi, kecuali:


A.
soal harus sesuai dengan indikator


B.
setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan


C.
ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal 


22)


Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir soal, kecuali:


A.
menentukan batas ketuntasan/kelulusan 

B.
menentukan kompetensi yang akan diujikan

C.
menentukan materi yang diujikan 
23)
Dalam penulisan soal bentuk uraian hal yang sulit adalah menyusun pedoman penskorannya. Berdasarkan metode penskorannya. bentuk uraian diklasifikasikan menjadi 2 yaitu....


A.
evaluasi dan analisis

B.
komunikatif dan inovatif

C.
uraian objektif dan uraian non-objektif 
24)

Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang, kaidah penulisan soal pilihan ganda berdasarkan kaidah:


A.
materi


B.
kejelasan 


C.
bahasa

25)

Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....



A.
sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran

B.
merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran

C.
Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan mellaui metode kualitatif atau kuantitatif 
26)
KKM sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Pernyataan tersebut merupakan:

A.
prinsip KKM

B.
tujuan KKM 

C.
manfaat KKM
27)
Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau pengecohnya merupakan syarat dari...

A.
penyusunan kisi-kisi


B.
perumusan indikator soal 


C.
penentuan dan penyebaran soal


   
28)
Materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik adalah pertimbangan untuk dimuat dalam butir-butir soal berdasarkan kriteria:

A.
urgensi 


B.
kontinuitas


C.
relevansi


29)
Penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan adalah:

A.
penilaian projeck


B.
penilaian kinerja


C.
penilaian portofolio



30)
Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapat ini dikemukakan oleh...

A.
Grondlund

B.
Crites

C.
Crites 

31)
Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkan Linn dan Gronlund, kecuali:

A.
menjelaskan 


B.
hubungan sebab-akibat


C.
membandingkan



32)
Assesmen hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:

A.
objektip,


B.
kooperatip; 


C.
terpadu.



33)
Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:

A.
obyektif


B.
valid


C.
sistematis 


34)
Daftar pertanyaan merupakan bentuk instrumen untuk teknik penilaian:

A.
tes tertulis 


B.
tes kinerja


C.
portofolio



35)
Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahap akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalah penilaian dengan menggunakan teknik penilaian:

A.
produk 


B.
penugasan


C.
lisan


36)
Materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain adalah hal penting dalam membuat soal berdasarkan kriteria:

A.
kontinuitas


B.
urgensi


C.
relevansi 


37)
Sebuah penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan adalah:


A.
penilaian projeck


B.
penilaian kinerja 


C.
penilaian produk


38)

 Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah:

A.
pengukuran

B.
penilaian

C.
evaluasi 

39)
 Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah:

A.
pengukuran 

B.
pensekoran

C.
penilaian


40)
Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali:

A.
menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi;

B.
dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek. 

C.
dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran;
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan silahkan tinggalkan pesan anda untuk masukan kami