Sunday, June 2, 2013

SOAL UKG GURU KELAS ( PREDIKSI )

PREDIKSI SOAL UKG GURU KELAS  2013

1.Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek emosional, kecuali ….
A.kesulitan memulai sesuatu, tetapi jika berhasil akan bertahan sampai akhir
B.menampakkan marah apabila mengalami kesulitan di sekolah
C.mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa
D.mulai muncul perasaan simpati kepada orang yang lebih dewasa

2. Perkembangan perilaku moral dan perkembangan konsep moral merupakan fase-fase perkembangan moral yang harus dicapai seorang anak. Pada fase perkembangan perilaku moral, seorang anak belajar melalui cara-cara berikut, kecuali ….
A.coba-ralat (trial and error)
B.pendidikan langsung,
C.identifikasi
D.observasi

3. Pada anak usia sekolah dasar sering disebut ‘usia berkelompok’. Pernyataan tersebut menunjukkan karakteristik perkembangan anak dalam aspek ….
A.sosial
B.moral
C.intelektual
D.emosional

4. Pada mata pelajaran PKn, salah satu minat siswa usia sekolah dasar yang dapat teridentifikasi dalam proses pembelajaran adalah minat terhadap ….
A.masalah sosial
B.bidang olahraga
C.tubuh manusia
D.kesehatan manusia

5. Dalam proses pembelajaraan Matematika, khususnya ketika guru mengaitkan materi pelajaran dengan kebutuhan hidup sehari-hari maka guru telah berupaya agar pembelajaran memungkinkan bagi guru untuk mengidentifikasi minat siswa terhadap ….
A.kesehatan
B.status
C.penampilan
D.pekerjaan

6.Ketika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, ketika ada siswa yang sangat antusias memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai berarti guru telah menyajikan bahan pelajaran dengan menarik, dengan demikian guru dapat mengindentifikasi minat siswa terhadap….
A.penampilan
B.pekerjaan
C.sekolah
D.status

7. Dalam proses pembelajaran tentang kompetensi dasar: ‘mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat (makanan, air, pakaian, udara, lingkungan sehat)’, guru tampak dapat mengidentifikasi siswa yang selalu bertanya dan mampu membuat laporan tentang apa saja yang diminatinya dengan sangat baik. Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa guru dapat mengidentifikasi minat siswa terhadap …
A.seks
B.penampilan
C.kesehatan
D.pekerjaan

8.Minat siswa yang dapat teridentifikasi melalui mata pelajaran IPS adalah ‘minat terhadap lambang status’. Salah satunya adalah ….
A.nama-nama keluarga
B.penampilan diri
C.ikatan kekerabatan
D.jenis pekerjaan orang tua

9. Dalam proses pembelajaran PKn, guru kelas I SD mengajarkan tentang kompetensi dasar: ‘Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat’, maka kompetensi prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah ….
A.mengenal pentingnya tata tertib di mayarakat
B.melaksanakan hidup rukun di masyarakat
C.mengenal lingkungan rumah dan sekolah
D.mengikuti tata tertib di rumah dan sekolah

10. Untuk membelajarkan kompetensi dasar:’Perkalian bilangan’, kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
A.membagi
B.menjumlah
C.mengurang
D.menghitung
 11.Untuk membelajarkan kompetensi dasar: ‘mendeskripsikan bendabenda di sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan awal/ prasyarat yang harus dimiliki siswa adalah kemampuan ….
A.membuat karangan deskriptif
B.melengkapi kalimat belum selesai
C.menyusun kalimat sederhana
D.membaca kalimat sederhana

12. Kemampuan awal/prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum mempelajari kompetensi dasar: ‘Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi negara tetangga’, adalah ….
A.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
B.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Eropa
C.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Asia
D.mendeskripsikan gejala/peristiwa alam yang terjadi di Afrika

13.Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A.Heterofil
B.Homofil
C.Holomofil
D.Homogen

14. Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A.Santosa S. Hamidjaja
B.Mattew B. Milers
C.Sumantri Mulyani
D.Rabbin
 15. Mencari penguatan terhadap keputusan inovasi yang dilakukan termasuk . . . .
A.Bujukan (persuasion)
B.Konfirmasi (confirmation)
C.Implementasi (implementation)
D.Pengembalian keputusan (decision making)

16. Salah satu sifat perubahan dalam inovasi yaitu upaya penyusunan kembali berbagai komponen yang ada dalam siustem dengan maksud untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan, disebut . . . .
A.Addition
B.Restructuring
C.Alternation
D.Substitution

 17. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan ……………………………
A.Tahap pengetahuan (kowledge)
B.Tahap bujukan (persuasion)
C.Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D.Tahap implementasi (implementation)

18. Pernyataan di bawah ini merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek fisik, kecuali ….
A.menunjukkan variasi yang besar pada tinggi dan berat badan
B.memiliki keterampilan fisik untuk memainkan permainan
C.penambahan-penambahan dalam kemampuan motorik halus
D.memiliki kemampuan dalam mengangkat beban yang berat

19.   Kreativitas merupakan salah satu karakteristik perkembangan intelektual siswa SD, yang artinya kemampuan untuk ….
A.memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari yang sering dilakukan dan menghasilkan kepuasan kepada dirinya sendiri dan orang lain
B.penalaran yang menggunakan logika-logika yang dapat diterima oleh semua orang dan menghasilkan penyelesaian persoalan untuk mengambil keputusan
C.berfikir tentang sesuatu dengan suatu cara yang baru dan tidak biasa serta menghasilkan penyelesaian yang unik terhadap berbagai persoalan
D.mengembangkan ide-ide secara cerdas dalam rangka penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi dalam kehidupan masa sekarang maupun masa yang akan datang

20. Pernyataan di bawah ini yang merupakan karakteristik perkembangan peserta didik SD/MI ditinjau dari aspek sosial adalah….
A.mulai menyukai teman sebaya sesama jenis
B.berperan serta dalam permainan logika
C.menyukai teman sebaya lawan jenis
D.dapat bekerja dalam durasi waktu yang lama

21. Pemahaman simbol merupakan salah satu kesulitan belajar yang sering muncul pada siswa. Hal tersebut dapat teridentifikasi melalui pengerjaan soal ….
A.4 + 3 = …..
B.9 – 6 = …..
C.8 – … = ….
D.5 + 4 = ….

22. Berikut ini karakteristik anak berkesulitan belajar Matematika yang sering dialami siswa usia sekolah dasar, kecuali ….
A.adanya gangguan hubungan keruangan
B.kesulitan dalam bahasa dan membaca
C.gangguan mengenal dan memahami simbol
D.performance IQ lebih tinggi dari skor Verbal IQ

23. Berikut ini kesulitan yang dimungkinkan muncul pada siswa SD disebabkan adanya kerusakan-kerusakan pada organ wicara, kecuali ….
A.suara
B.kosakata
C.artikulasi
D.kelancaran

24. Salah satu contoh kesulitan belajar bahasa ang termasuk dalam kekurangan kemampuan kognitif adalah ….
A.menangkap makna secara penuh
B.mengingat kembali kata-kata
C.membandingkan informasi yang diterima
D.merumuskan alternatif pemecahan masalah

25. Pembelajaran Kontekstual dianggap pembelajaran yang bersifat mendidik, hal itu disebabkan karena karakteristik pembelajaran tersebut adalah ….
A.Membangkitkan minat siswa.
B.Merangsang siswa lebih aktif belajar.
C.Memberi kesempatan siswa berkreasi.
D.Membiasakan siswa belajar sesuai dengan lingkungan.

26. Kompetensi yang harus dimiliki guru (pendidik) berdasarkan Permendiknas Nomor 16  tahun 2007 adalah kompetensi …..
A.Kepribadian, pedagogik, professional, dan manajerial.
B.Kepribadian, pedagogik, professional, dan social.
C.Kepribadian, pedagogik, professional, dan kewirausahaan.
D.Pedagogik, professional, manajeria, dan sosial.

27. Setiap guru wajib membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pernyataan ini merupakan amanah dari Permendiknas …..
A.Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
B.Nomor 23 tahun 2006 tentang SKL
C.Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses
D.Nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan

28. Standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, atau nasional agar tercapai efisien dan efektivitas  penyelenggaraan pendidikan disebut ….
A.Standar Proses.
B.Standar Kompetensi Lulusan.
C.Standar Sarana dan Prasarana.
D.Standar Pengelolaan.

29. Sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi adalah :
A.Standar Kompetensi
B.Kompetensi Dasar
C.Kompetensi Dasar Mata Pelajaran
D.Standar Kompetensi Lulusan

30.Panjang sebuah kawat tembaga 56 cm dan panjang sebatang kawat besi 104 cm. Jika kedua kawat itu harus dipotong sama panjang dengan panjang maksimum, dari kedua kawat itu akan diperoleh
A.8 batang kawat tembaga dan 8 kawat besi
B.7 batang kawat tembaga dan 13 kawat besi
C.13 batang kawat tembaga dan 13 kawat besi
D.14 batang kawat tembaga dan 26 kawat besi

31. Hasil dari  1 + 2 + 3 + 4 + 5 + 6 + 7 + 8 + 9 + 10 + … +102 = ….
a. 103
b. 205
c. 5523
d. 5253

32.

Hasil penen pak Tani ditunjukkan dalam gambar diagram lingkaran di samping.
Jika hasil panen kacang sebanyak 200 Kwintal maka berapa kwintal hasil panen padi?
a. 500
b. 125
c. 150
d. 500
33. Sebuah drum berisi minyak 4/5 bagian. Dari drum tersebut diambil minyak sebanyak 15 liter. Ternyata isi drum tersebut tinggal ½ . Banyaknya minyak yang harus diisi agar drum tersebut kembali penuh adalah … liter.
a. 50
b. 45
c. 35
d. 22’5

34.                                                         Jika panjang P Q = 7 cm dan panjang P S = 14 cm maka                              

S
                                                             luas daerah yang diarsir pada gambar di samping adalah        

P
                                                               …cm2

Q
                                                            a. 154
                                                            b. 462
                                                            c. 1386
                                                            d.  1540

35. Sebuah balok berukuran panjang 22 cm , lebar 20 cm dan tinggi 18 cm. maka volume balok tersebut adalah ….
a. 60
b. 296
c. 396
d. 7920

36. Bilangan yang terletak diantara 4/5 dan 7/8 adalah ….
a. 33/40 ; 34/40
b. 32/40; 33/40; 34/40
c.7/8
d. tidak ada

37.  Pada operasi hitung 17 x ( 8 + 12 ) + 32 = …. Operasi yang dilakukan terlebih dahulu adalah operasi
a.       Yang terdapat di dalam tanda kurung
b.      Perkalian
c.       Penjumlahan
d.      pengurangan

38.    0,6 ; 20 % ;  ; 1 ¼
Urutan bilangan tersebut di atas mulai dari yang terkecil adalah ……………..
a. 0,6 ; 5/6 ; 20% ; 1 ¼
b. 20% ; 0,6 ; 5/6 ; 1 ¼
c. 1 ¼ ; 5/6 ; 0,6 ; 20%
d. 5/6 ; 0,6 ; 20% ; 1 ¼

39.  Tanah Pak Krisna berbentuk persegi panjang tertulis pada denah dengan ukuran panjang 15 cm dan lebar 10 cm. Jika denah menggunakan skala 1 : 1.000. maka luas tanah tersebut sesungguhnya … m2
a.       15
b.      150
c.       1500
d.      15000 

40.  Usia B 9 tahun lebih tua dari A. Jika perbandingan usia A : B = 2 : 5 maka tentukan jumlah usia mereka
a.       6
b.      15
c.       21
d.      35
41.  Suhu di atas permukaan laut pada pukul pukul 22.00 adalah 180C dan setiap pertambahan ketinggian 50 m, suhu berkurang 10C. Jika lantai 7 gedung perpustakaan UBT tingginya 200 m di atas permukaan laut, berapa suhu di lantai 7 pada saat bersamaan?
a.       220 0C
b.      120 0C
c.       140 0C
d.      100 0C

42.  Suhu udara di Ranu pane saat ini – 20 C. Namun pada malam hari suhunya turun 70 C. maka suhu udara malam hari di Ranupane … 0 C.
a.       5
b.      9
c.       – 9
d.      - 5 

43.  A : B = 1 : 2, B : C = 1 : 3. Jika Jumlah usia mereka 45 tahun, maka selisih usia A dan C adalah …. 
a.       5 tahun 
b.      15 tahun
c.       25 tahun
d.      30 tahun 

44.  Pada peta dengan skala 1 : 4.200.000, jarak kota Purwokerto – Solo adalah 11 cm. Jarak kota Purwokerto – Solo sebenarnya adalah … km 
a.       4,2 
b.      42 
c.       422 
d.      462 

45.  Banu bekerja kelompok setiap 18 hari dan Budi setiap 24 hari.Jika pada hari Rabu mereka bekerja kelompok bersama maka mereka akan bekerja kelopok bersama sama lagi pada hari ..... 
a.       Minggu 
b.      Rabu              
c.       Jumat 
d.      Sabtu

46.  Nilai raport Alya adalah sebagai berikut: 
          80 ; 86 ; 85 ; 87 ; 90 ; 84 ; 74 ; 80 ; 76 ; 80
Rata-rata nilai raport Alya adalah ….
a.        80
b.      82
c.       84
d.      88

47.  Sebuah helicopter terbang diatas laut dengan ketinggian 150 m. Pada saat yang sama ikan paus 25 ton berenang dibawahnya dengan kedalaman 75 m dari permukaan laut. Tentukan jarak ikan paus dan helicopter  ?
a.       225
b.      85
c.       -83
d.      - 225

48.  Amin membelanjakan  dari uangnya. Kemudian Ia menabung  dari sisa uangnya. Jika uang yang tersisa adalah Rp 120.000,- , maka uang Amin mula – mula adalah ....
a.       144.000
b.      120.000
c.       50.000
d.      20.000

49.   
                                           Luas gambar bangun di samping adalah ….. cm2
                                                a.3465
                                                b. 1186,5
                                                c. 826,5
                                                d. 840

50.    Pengumuman.
         Dengan ini diumumkan kepada seluruh siswa Bimbel Cerlang bahwa dalam rangka memperingati hari KemerdekaanIndonesia tahun 2013 maka Bimbel Cerlang akan mengadakan lomba berpidato.
         Acara tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Agustus 2013 pukul 10.00 s/d selesai di Aula Bimbel Cerlang. Para siswa yang akan mengikuti lomba mendaftar pada bapak Making di ruang kantor bimbel cerlang paling lambat tanggal 12 Agustus 2013.
         Batam, 10 Mei 2013
         Untuk memahami isi pengumuman tersebut dilakukan dengan cara …..
a.       Menjawab pertanyaan apa, mengapa, siapa, bagaimana, dimana
b.      Mengurutkan waktu kegiatan
c.       Menarik sebab akibatnya
d.      Mencari isi dan manfaatnya

50.  Dalam menilai hasil karangan siswa hendaknya tidak subyektif. Aspek yang dinilai dan pembobotan skornya perlu dipikirkan secara cermat. Oleh karena itu perlu dibuat …….
a.       Rubrik penilaian karangan
b.      Kisi kisi penilaian karangan
c.       Deskriptor penilaian karangan
d.      Skor penilaian karangan

51.  Guru kelas IV SD menyusun rencara Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) dengan Kompetensi dasar ( KD ) “ Menemukan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif “. Rumusan tujuan pembelajaran pada rana kognitif produknya adalah
a.       Dengan bimbingan siswa dapat membaca paragraf secara intensif
b.      Melalui penjelasan guru siswa dapat menemukan kalimat utama dari paragraf yang dibaca
c.       Dengan contoh membaca intensif siswa dapat menemukan kalimat utama pada paragraf secara tepat
d.      Dengan penjelasan guru tentang cara cara menemukan kalimat utama pada paragraf, siswa dapat menemukan kalimat utama pada tiap paragraf yang dibaca secara tepat.

52.  Dalam bahasa Indonesia ada lima jenis karangan yaitu karangan deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi dan persuasi. Setiap jenis karangan memiliki maksud tertentu. Wacana narasi ditulis dengan maksud untuk memenuhi keingintahuan pembaca tentang apa yang terjadi. Dengan kata lain karangan narasi adalah karangan yang ………
a.       Menjelaskan terjadinya sesuatu
b.      Menjelaskan informasi faktual
c.       Menyajikan serangkaian peristiwa
d.      Menggambarkan sesuatu hal yang sehidup hidupnya

53.  Pendidikan budi pekerti sekarang dikenal sebagai pendidikan karakter tidak diberikan sebagai mata pelajaran tersendiri namun terintegrasi pada semua mata pelajaran, yang keefektifannya masih bisa dipertanyakan. Selain itu materi pendidikan karakter diberikan melalui kegiatan ekstrakurikuler dan penciptaan budaya di sekolah, dengan menempatkan guru sebagai garda depan sebagai teladan. Ironisnya tidak semua guru mampu menjadi teladan bagi anak didiknya. ( dikutip dari Suara Merdeka, senin 23 April 2012, hal 7 ).
Inti berita pada paragraf di atas adalah ….
a.       Pendidikan karakter diberikan melalui penciptaan budaya di sekolah
b.      Pendidikan karakter terintegrasi pada semua mata pelajaran
c.       Pendidikan karakter diberikan melalui kegiatan ektra-kurikuler
d.      Guru sebagai teladan dalam pendidikan karakter

54.  .         Pak Toba mempunyai seorang istri yang cantik jelmaan ikan. Sebelum menerima pinangan pak Toba, ia meminta pak Toba agar tidak mengungkit ungkit asal usulnya dan Pak Toba menyanggupinya. Mereka dikaruniai anak laki laki yang bernama Samosir.
Suatu hari Samosir disuruh ibunya mengantarkan nasi ke ladang untuk ayahnya.
Ditengah perjalanan sebagian besar nasi dan lauknya dimakannya. Si ayah sangat marah. Samosir dipukuli “ sambil mengatakan anak tidak tahu diuntung, betul betul kau anak perempuan yang berasal dari ikan.
Samosir menangis dan berlari pulang kemudian mengatakan kepada ibunya tentang segala yang diperbuat dan yang dikatakan ayahnya.
Si ibupun sedih kemudian menyuruh anaknya pergi mendaki bukit. Semebntara ia masuk sungai dan berubah menjadi ikan.
Saat itu pula turun hujan lebat sehingga terjadi banjir besar. Pak Toba tidak dapat menyelamatkan diri dan mati tenggelam.
Genangan air itupun menjadi danau, kemudia dinamakan danau Toba sedangkan pulau kecil yang ditengahnya diberi nama Samosir.
Pesan yang terkandung dalam cerita tersebut adalah ….
a.       Nasihat untuk tidak ingkar janji
b.      Nasihat untuk setia pada isteri
c.       Nasihat untuk tidak semena mena kepada anak
d.      Anjuran untuk tidak melawan orang tua

55.  Kutipan 1
Asih adalah gadis yang menjadi bunga di desanya. Selain rajin ia juga patuh kepada orang tuanya. Setiap hari setelah solat subuh, ia menyiapkan barang barang yang dibawah ibunya untuk berjualan ke pasar. Sepulang sekolah setelah berganti pakaian dan makan siang, Asih biasanya mengerjakan PR dari sekolah. Meskipun demikian, begitu mendengar azan asar, ia bergegas ke Mesjid untuk salat berjamaah, kemudian mengajari anak anak membaca alquran.

Kutipan II
          Di desa Suka Indah ada seorang gadis bernama Asih. Sekarang usianya belum genap delapan belas tahun. Tinggi badan Asih sudah mencapai 165 cm dan berat badannyapun seimbang, sehingga tampak begitu semampai. Sorot matanya yang tajam seolah berbicara bahwa ia seorang gadis yang cermat cendikia. Ternyata dia selalu menjadi juara di kelasnya.

Ditinjau dari jenis karangan menunjukkan bahwa ….
a.       Kutipan I merupakan eksposisi sedangkan kutipan II merupakan narasi
b.      Kutipan II merupakan narasi sedangkan kutipan II merupakan deskripsi
c.       Kutipan I merupakan deskripsi sedangkan kutipan II merupakan dokumentasi
d.      Kutipan I merupakan eksposisi sedangkan kutipan II merupakan deskripsi

56.   Kutipan I
Mermbaca intensif adalah perbuatan membaca yang dilakukan dengan hati hati, teliti dan dibaca secara lambat. Tujuannya memahami keseluruhan bacaan sampai pada bagian yang kecil kecil dan mendalam misalnya membaca buku pelajaran.

Kutipan II
Pemakaian bahasa Indonesia sebagai bahasa pergaulan sering terkalahkan
Oleh bahasa daerah. Fungsih bahasa Indonesia sebagai bahasa resmipun belum berjalan sewajarnya. Sebagai contoh dikantor kantor pemakaian bahasa daerah lebih menonjol walaupun pada dinding dinding kantor tertulis slogan yang berbunyi “ berbicaralah dalam bahas Indonesia yang baik dan benar.”

Pernyataan yang benar dari dua teks tersebut adalah ….
a.       Teks I merupakan argumentasi dan Teks II merupakan eksposisi
b.      Teks I merupakan eksposisi, teks II merupakan argumentasi
c.       Teks I merupakan narasi teks dua merupakan eksposisi
d.      Teks I merupakan eksposisi teks II merupakan deskripsi

57.  Bagian surat yang berbunyi “ Din, mengapa kamu lama sekali di Malang? Mungkin kak Dina mempunyai cerita baru bagi kamu yang membuat kamu betah di Malang. Kamu jangan lupa pulang. Senin depan kamu harus sudah masuk sekolah lagi. Cepat pulang karena mama sudah rindu sama kamu.

Bagian surat tersebut adalah ….
a.       Pembuka surat pribadi
b.      Isi surat pribadi
c.       Penutup surat pribadi
d.      Kata kunci surat pribadi

58.  Unsur unsur utama makalah adalah pendahuluan, isi dan penutup. Bagian pendahuluan berisi ….
a.       Latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan manfaat
b.      Latarbelakang masalah, identifikasi masalah, pembahasan masalah dan rumusan masalah
c.       Latar belakang masalah, identifikasi masalah, perumusan masalah dan manfaat
d.      Latar belakang masalah, pembahasan masalah, rumusan masalah, dan manfaat


59.   Di masa pembangunan ini
Tuan hidup kembali
Dan bara kagum menjadi api
Di depan sekali tuan menanti
Tak gentar lawan banyaknya seribu kali
Pedang di kanan, kris di kiri
Berselung semangat tak bisa mati
……………………………………………
………………………………………….
Maju
Serbu
Serang
Terjang
( kerikil tajam : Chairil Anwar )

Dengan membaca penggalan puisi di atas hal yang cepat dapat dinikmati adalah ….
a.       Tema
b.      Rima
c.       Irama
d.      suasana

60.  Pada umumnya sebuah cerita memiliki unsur unsur intrinsik. Unsur unsur tersebut diantaranya adalah tema, alur, pelaku, setting, amanah, sudut pandang, rumpun dan gaya bahasa.Pesan yang disampaikan pengarang kepada para pembaca adalah ….
a.       Temah
b.      Sudut pandang
c.       Setting
d.      amanah
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan silahkan tinggalkan pesan anda untuk masukan kami