Demikian sedikit info tentang UU,PP, dan PERMENDIKNAS, semoga
bermanfaat bagi Bapak Ibu Guru.. Selamat belajar, semoga teman-teman
LULUS semua. Amiiin… !
alamat blog : lamawolo witilewun.blogspot.com // email: lamawolo@ymail.com // facebook : lamawolo witilewun
Tuesday, April 30, 2013
SOAL UKG TK MANUAL 2
Berikut Contoh Soal UKG TK 2012 yang bisa dijadikan sebagai latihan sebelum menghadapi hari “H” nantinya.
Dan untuk Latihan Onlinenya silahkan Klik DISINI
1) | Perkembangan motorik adalah |
A. | Gerakan yang dilakukan oleh seluruh tubuh |
B. | Perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerakan tubuh |
C. | Berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot |
D. | Hasil pola interaksi yang kompleks dari berbagai bagian dan sistem di dalam tubuh yang dikontrol otak |
2) | Ada lima pusat kontrol yang mengatur setiap gerak anak. Salah satunya yaitu bagian yang mengatur pergerakkan seluruh tubuh dan koordinasi gerakan tubuh, adalah |
A. | Cerebral cortex |
B. | Batang otak |
C. | Cerebellum |
D. | Basal ganglia |
3) | Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun |
A. | Menggambar dengan gerakan naik turun bersambung (seperti gunung atau bukit) |
B. | Menggambar garis lingkaran dan garis silang (garis tegak dan datar) |
C. | Menggambar garis lurus |
D. | Menggambar coret-coretan |
4) | Karakteristik perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun |
A. | Melompat-lompat dengan kaki bergantian |
B. | Melompat dengan dua kaki sekaligus di atas bak/ hamparan pasir |
C. | Melompati parit |
D. | Melompat dengan satu kaki |
5) | Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik |
A. | Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh |
B. | Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya |
C. | Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak |
D. | Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan |
6) | Perkembangan sosial adalah |
A. | Penerimaan sosial yang sesuai dengan tuntutan kelompok |
B. | Perolehan kemajuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial |
C. | Belajar bergaul dengan orang lain atau anak |
D. | Penyesuaian sosial sebagai anggota kelompok sosial |
7) | Proses sosialisasi adalah |
A. | Menyesuaikan perilaku dengan patokan yang dapat diterima setiap kelompok sosial |
B. | Memainkan peran sosial yang dapat diterima setiap kelompok sosial |
C. | Belajar berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial |
D. | Belajar berperilaku yang sesuai dengan standar perilaku yang diterima |
8) | Bagaimanakah gambaran orang yang sosial ? |
A. | Orang yang menginginkan kehadiran orang lain |
B. | Orang yang kesepian jika berada seorang diri di suatu tempat |
C. | Orang yang merasa puas semata-mata karena berada bersama orang lain |
D. | Orang yang perilakunya mecerminkan keberhasilan dalam proses sosialisasi |
9) | Mengapa keluarga mempunyai peran penting dalam proses sosialisasi anak? |
A. | Keluarga sebagai lingkungan sosial pertama kali dan anak menerima pendidikan pertama dan utama |
B. | Keluarga mempunyai kewajiban mendidik anak-anaknya |
C. | Keluarga mempunyai kewajiban memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya |
D. | Keluarga merupakan kelompok kecil yang anggota-anggotanya berinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap |
10) | Gaya pengasuhan yang mendorong anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya adalah |
A. | Pengasuhan permissive-indulgent |
B. | Pengasuhan otoritatif |
C. | Pengasuhan permissive-indefferent |
D. | Pengasuhan otoriter |
11) | Emosi menurut Goleman adalah |
A. | Perasaan yang ada dalam diri seseorang, berupa senang atau tidak senang, benci atau cinta |
B. | Berbagai perasaan yang kuat, yakni benci, takut, marah, senang dan sedih |
C. | Sebagai perasaan atau afeksi yang melibatkan suatu campuran antara gejolak fisiologis dan perilaku yang tidak tampak |
D. | Merujuk pada suatu perasaan atau pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan biologis dan psikologis, serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak |
12) | Anak-anak menggunakan emosi untuk menginformasikan orang lain tentang perasaan dan kebutuhan mereka termasuk dalam fungsi emosi sebagai |
A. | Pengaturan (regulation) |
B. | Komunikasi (communication) |
C. | Kelangsungan hidup (survival) |
D. | Penyesuaian diri (adaptation) |
13) | Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan emosi pada anak |
A. | Faktor keturunan dan lingkungan |
B. | Faktor bawaan dan pendidikan |
C. | Faktor kematangan dan belajar |
D. | Faktor intelektual dan sosial |
14) | Apabila tuntutan dari luar berlawanan dengan keinginan maka seseorang akan mengalami emosi |
A. | Marah |
B. | Gembira atau senang |
C. | Sedih |
D. | Takut |
15) | Mampu memuji, memberi semangat, atau menolong anak lain termasuk tugas perkembangan emosi anak berusia |
A. | 5 tahun |
B. | 5 tahun 6 bulan |
C. | 4 tahun |
D. | 4 tahun 6 bulan |
16) | Menurut Jean Piaget, anak yang membangun kemampuan kognitif melalui interaksi dengan dunia sekitar disebut |
A. | Strukturalisme |
B. | Konstruktivisme |
C. | Behaviorisme |
D. | Progressivisme |
17) | Anak usia taman kanak-kanak berada pada tahap perkembangan |
A. | Praoperasional |
B. | Formal operasional |
C. | Konkrit operasional |
D. | Sensorimotor |
18) | Proses penyerapan informasi baru ke dalam informasi yang telah ada di dalam skemata (struktur kognitif) anak adalah |
A. | Ekuilibrium |
B. | Akomodasi |
C. | Adaptasi |
D. | Asimilasi |
19) | Anak yang sudah mulai dapat membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebenarnya, berada dalam rentang usia |
A. | 4-5 tahun |
B. | 2-3 tahun |
C. | 3-4 tahun |
D. | 5-6 tahun |
20) | Pembelajaran yang paling tepat untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun adalah |
A. | Mengajar membaca, menulis dan berhitung |
B. | Memberi kesempatan pada anak untuk memperoleh pengalaman langsung dalam berbagai aktivitas pembelajaran |
C. | Memberikan pekerjaan rumah agar anak dapat belajar di rumah |
D. | Memberi pelajaran sebagai persiapan masuk sekolah dasar |
21) | Bagaimanakah cara anak memperoleh bahasa ketika berusia kurang dari satu tahun? |
A. | Mendengarkan orang dewasa berbicara |
B. | Meniru ucapan orang dewasa |
C. | Memperhatikan muka orang dewasa dan menanggapi dengan bahasa mereka |
D. | Bermain-main dengan bunyi (mengoceh) |
22) | Salah satu komponen bahasa yang menekankan pada penggunaan bahasa dalam konteks komunikatif adalah |
A. | Morfologi |
B. | Fonologi |
C. | Semantik |
D. | Pragmatik |
23) | Semantik sebagai salah satu komponen bahasa adalah |
A. | Susunan kata, organisasi kalimat, dan elemen lain suatu kalimat |
B. | Suatu pengertian yang mengacu pada susunan internal yang terdapat dalam sebuah kata |
C. | Suatu sistem aturan yang mengatur suatu pengertian atau visi dari suatu kata atau kombinasi beberapa kata |
D. | Berkaitan dengan kaidah yang membentuk struktur, distribusi dan urutan ujaran, dan susunan suku kata |
24) | Teori yang menyatakan bahwa semua anak dilahirkan dengan memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa adalah |
A. | Sosiokultural |
B. | Genetik |
C. | Behavioristik |
D. | Konstruktivistik |
25) | Yang tidak termasuk dalam prinsip-prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice) yang diterapkan sebagai acuan bagi pembelajaran anak usia dini agar sesuai dengan tahap perkembangan anak adalah |
A. | Membuat lingkungan yang saling asuh |
B. | Pembelajaran untuk membantu perkembangan dan belajar anak |
C. | Menyusun kurikulum yang sesuai |
D. | Memacu perkembangan anak dengan memberikan pelajaran baca dan menulis |
26) | Yang tidak termasuk kreativitas adalah |
A. | Kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenal pembuatannya |
B. | Dapat berupa kegiatan imajinatif sintesis pemikiran yang hasilnya bukan hanya perangkuman Cara berpikir yang bersifat logis/rasional, analitis, konvergen, teratur, dan linier Cara berpikir yang bersifat divergen, intuitif, holistik, multidimensional, dan human |
C. | Salah satu unsur kreativitas adalah Merupakan suatu cara berpikir, tidak sinonim dengan kecerdasan yang mencakup kemampuan mental selain berpikir Mempunyai maksud dan tujuan yang ditentukan, bukan fantasi semata |
D. | Ditandai oleh banyak (lebih dari satu) kemungkinan jawaban dalam menghadapi persoalan Dapat berbentuk produk seni, kesusastraan, produk ilmiah, atau bersifat prosedural/metodologis |
27) | Pengembangan kreativitas akan berhasil jika |
A. | Pelaksanaan pembelajaran pada anak usia dini berorientasi pada pelajaran membaca, menulis, dan berhitung, maka fungsi imajinasi pada belahan otak kanan terabaikan |
B. | Membebani belahan otak kiri pada anak dengan tugas-tugas hafalan dan bersifat akademis |
C. | Pembelajaran pada anak usia dini dilaksankan secara seimbang dan harmonis dalam mengembangkan kedua belahan otak |
D. | Pembelajaran anak usia dini kurang memberikan kebebasan kepada anak untuk berekspresi |
28) | Yang tidak termasuk dalam karakteristik kepribadian kreatif adalah |
A. | Mempunyai kekuatan energi fisik yang memungkinkan mereka bekerja berjam-jam dengan konsentrasi penuh, tetapi juga bisa tenang dan rileks, bergantung pada situasinya |
B. | Mempunyai kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah |
C. | Sangat bersemangat (passionate) bila menyangkut karya mereka, tetapi juga sangat objektif dalam penilaian karyanya |
D. | Sikap keterbukaan dan sensitivitas sering membuatnya menderita jika mendapat banyak kritik dan serangan terhadap hasil jerih payahnya, namun di saat yang sama juga merasakan kegembiraan yang luar biasa |
29) | Yang tidak termasuk dalam strategi empat P dalam pengembangan kreativitas adalah |
A. | Pribadi |
B. | Proses |
C. | Pendorong |
D. | Prosedur |
30) | Salah satu kegiatan awal dalam KBM adalah |
A. | Menyanyi |
B. | Berdo’a |
C. | Menggunting |
D. | Mewarnai |
31) | Anak usia dini adalah pembelajar yang aktif, artinya …………… |
A. | anak tidak dapat duduk diam dalam jangka waktu lama |
B. | melalui interaksi dengan pengalamannya sehari-hari, anak terus belajar |
C. | anak sudah siap untuk belajar secara formal |
D. | pendidik cukup mengawasi keaktifan anak saat belajar |
32) | Anak usia 3-3,5 tahun sudah mulai tertib untuk menunggu antrian. Ini merupakan salah satu karakteristik perkembangannya pada aspek ………….. |
A. | kesadaran diri |
B. | sosialisasi |
C. | kognisi |
D. | kestabilan emosi |
33) | Pada masa prasekolah, anak memerlukan suasana yang bersahabat (child friendly environment) karena … |
A. | anak akan memasuki dunia selain keluarga |
B. | dunia sekolah adalah dunia sahabat anak |
C. | lingkungan yang bersahabat akan mengakibatkan anak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan selain keluarga |
D. | masa prasekolah adalah masa yang paling sulit |
34) | Bagian otak yang mengatur untuk bertahan hidup dan memproses informasi yang masuk melalui pancaindra adalah otak ………….. |
A. | limbik |
B. | pikir |
C. | lembek |
D. | primitif |
35) | Sampai dengan usia anak 6 bulan, ia belum terampil mengontrol gerak tubuhnya, hal ini disebabkan karena …. |
A. | sel sarafnya masih terlalu sedikit |
B. | sel sarafnya belum mencapai kematangan |
C. | tidak terjadi komunikasi antar otak dengan anggota tubuh |
D. | belum matangnya fungsi anggota tubuh anak |
36) | Fungsi utama otak kecil adalah …………. |
A. | menjaga keseimbangan tubuh |
B. | menyimpan memori |
C. | menyampaikan informasi ke panca indra |
D. | menjaga imunitas |
37) | DAP atau Developmentally Appropriate Practice adalah rekomendasi dari NAEYC tentang praktik pendidikan anak usia dini yang harus disesuaikan dengan ……………. |
A. | kurikulum lembaga |
B. | perkembangan anak |
C. | ketersediaan dana |
D. | kualifikasi pendidik |
38) | Konsep DAP berdasarkan tiga dimensi utama kesesuaian di bawah ini, kecuali sesuai dengan ………….. |
A. | usia anak |
B. | individu anak |
C. | lingkungan sosial |
D. | kurikulum nasional |
39) | Menurut DAP, perencanaan kurikulum yang tepat untuk anak usia dini terutama harus didasarkan pada, kecuali … |
A. | hasil pengamatan pendidik |
B. | catatan perkembangan anak |
C. | wawancara dengan orang tua |
D. | hasil tes potensi akademik anak |
40) | Sesuai dengan prinsip DAP tentang interaksi anak dengan pendidik, pendidik perlu memfasilitasi anak dalam menyelesaikan tugasnya melalui cara, kecuali …………… |
A. | memfokuskan perhatian pada anak |
B. | memotivasi anak untuk melakukan coba ralat |
C. | memberikan contoh yang sangat terperinci untuk ditiru anak |
D. | memberikan kata-kata semangat |
41) | Jika sistem limbik pada otak manusia menerima persepsi yang berupa ketakutan, ancaman atau kesedihan maka bagian otak yang aka memegang kendali adalah …………… |
A. | korteks |
B. | otak kanan |
C. | batang otak |
D. | otak kiri |
42) | Bentuk kegiatan yang dapat dilakukan untuk melatih motorik kasar anak usia 3 tahun antara lain adalah ……….. |
A. | naik sepeda roda tiga |
B. | mendengarkan puisi diiringi musik |
C. | membangun menara dari balok-balok |
D. | makan siang bersama |
43) | Dua kemampuan motorik manusia yang nyata dan tidak tampak saat bayi baru lahir adalah ……………. |
A. | menendang dan menghisap jari |
B. | berjalan dan mencengkeram |
C. | mengangkat kepala dan menggoyangkan tangan |
D. | menggoyangkan tangan dan jungkir balik |
44) | Perintah pada kemahiran pada keterampilan motorik yang memperlihatkan kemajuan dalam kemampuan untuk menggerakkan secara sengaja dan tepat, didefinisikan sebagai aktivitas ………….. |
A. | kemampuan gerak |
B. | kinerja motorik |
C. | keterampilan tubuh |
D. | gerakan motorik |
45) | Berikut ini beberapa keterampilan motorik anak usia 3-4 tahun, kecuali ……….. |
A. | merangkak dan merayap lurus ke depan |
B. | lari berjingkat dengan satu kaki |
C. | meremas kertas |
D. | melompat dengan satu kaki |
46) | Pertumbuhan fisik-motorik mempunyai arah yang disebut dengan pola perkembangan, yang terdiri dari hal berikut ini, kecuali pertumbuhan dari ………….. |
A. | kanan ke kiri |
B. | atas ke bawah |
C. | tengah tubuh ke luar |
D. | kasar ke halus |
47) | Semua perubahan dalam pertumbuhan dan perkembangan seorang anak merupakan proses yang dijalankan secara bersamaan dan berhubungan dengan perkembangan …………. |
A. | potensi |
B. | kemampuan |
C. | belajar |
D. | motorik |
48) | Pendidik sebaiknya tidak membandingkan tingkat penguasaan terhadap suatu keterampilan antara anak yang satu dengan yang lainnya, hal ini karena setiap anak memiliki perbedaan, kecuali ……….. |
A. | pola perkembangan |
B. | kesiapan belajar |
C. | kesempatan belajar |
D. | tempo perkembangan |
49) | Cara anak mempelajari keterampilan motorik yang akan dapat menghasilkan penguasaan yang lebih baik adalah apabila anak belajar dengan cara …………… |
A. | meniru |
B. | pelatihan |
C. | coba dan ralat |
D. | bimbingan teman sebaya |
50) | Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghadapi keadaan darurat adalah mencari tahu tanda-tanda yang mungkin muncul, tujuannya adalah …………. |
A. | membuat aturan agar tidak terjadi keadaan darurat |
B. | mengetahui dengan segera ketika hal tersebut muncul |
C. | melindungi anak agar tidak mengalami kejadian yang dapat menyebabkan keadaan darurat |
D. | dapat menangani sendiri keadaan darurat yang terjadi |
51) | Dasar fungsi hidup yang membantu suatu organisme beradaptasi dengan lingkungannya adalah pengertian dari …. |
A. | kognitif |
B. | inteligensi |
C. | ZPD |
D. | scaffolding |
52) | Menurut Piaget jika anak ingin mengetahui sesuatu, mereka harus …………. |
A. | membangun (construct) pengetahuan tersebut sendiri |
B. | mendapat bimbingan orang tua |
C. | bekerja dalam kelompok kolaboratif |
D. | mendapatkan pijakan (scaffolding) |
53) | Yang tidak termasuk dalam skema kognitif Piaget adalah skema …………. |
A. | perilaku |
B. | simbolik |
C. | praoperasional |
D. | operasional |
54) | Proses penyesuaian kepada tuntutan lingkungan disebut ………….. |
A. | adaptasi |
B. | organisasi |
C. | akomodasi |
D. | asimilasi |
55) | Piaget meyakini bahwa urutan tahap-tahap intelektual adalah tetap atau …….. |
A. | skematis |
B. | invariant |
C. | refleksif |
D. | sirkular |
56) | Menurut Lev Vygotsky, kognisi manusia meskipun seseorang berada dalam isolasi, bersifat ………… |
A. | eksploratif |
B. | eksklusif |
C. | sosiokultural |
D. | inisiatif |
57) | Menurut Vygotsky, beberapa penemuan penting yang dibuat anak, muncul di dalam konteks ……….. |
A. | eksplorasi |
B. | individual |
C. | discovery |
D. | kolaborasi |
58) | Serangkaian tugas yang terlalu rumit untuk dikuasai sendiri tetapi dapat dikuasai dengan panduan dan dorongan dari orang yang lebih ahli, disebut dengan istilah ……….. |
A. | scaffolding |
B. | ZPD |
C. | cooperation |
D. | collaboration |
59) | Berikut ini yang bukan merupakan implikasi teori Piaget adalah ………… |
A. | sesuaikan pendidikan dengan kesiapan anak untuk belajar |
B. | sensitiflah terhadap perbedaan individual |
C. | laksanakan pendidikan berdasarkan penemuan |
D. | gunakan pendekatan belajar kolaboratif |
60) | Kurikulum yang dirancang berdasarkan teori Piaget lebih mementingkan …………. |
A. | kegiatan kelompok |
B. | perbedaan individual |
C. | collaborative learning |
D. | learning by guidance |
61) | Piaget tidak setuju kepada pembelajaran yang ……….. |
A. | memberi kesempatan siswa untuk melakukan penelitian sendiri |
B. | menyediakan pengalaman belajar yang tidak terlalu sulit |
C. | bersifat verbal dan membuat anak pasif |
D. | memungkinkan anak membangun pengetahuan baru |
62) | Pembelajaran yang disarankan Vygotsky lebih menekankan pada ………….. |
A. | kegiatan yang disusun untuk dilaksanakan secara individu |
B. | penelitian dan penemuan hal-hal baru oleh anak |
C. | keterlibatan anak yang terbimbing oleh guru |
D. | persaingan antar individu yang memacu prestasi |
63) | Mengonsepkan ciri-ciri benda dengan menggunakan kategori warna, bentuk atau ukuran, menggunakan abstraksi … |
A. | sensori motor |
B. | kognisi |
C. | reflektif |
D. | empiris |
64) | Kemampuan mengonsep angka menggunakan abstraksi ………. |
A. | sensori motor |
B. | kognisi |
C. | reflektif |
D. | empiris |
65) | Pada abstraksi empiris, anak terpusat pada ………… |
A. | konsep diri |
B. | satu ciri benda |
C. | simbol-simbol angka |
D. | pemikiran yang lebih matang |
66) | Salah satu contoh abstraksi reflektif adalah konsep ………… |
A. | matematika |
B. | warna |
C. | ukuran |
D. | bentuk segitiga |
67) | Pertama kali bayi mendengar suara, ia lebih tertarik pada …………… |
A. | suara orang dewasa yang ia kenal |
B. | suara ibunya daripada suara ayahnya |
C. | kecepatan dan tingkat kekerasan suara orang dewasa |
D. | kelembutan suara yang dapat menentramkannya |
68) | Toddler mempelajari tentang bagaimana cerita dibuat dengan cara …………… |
A. | berdiskusi dengan orang dewasa |
B. | mendengarkan cerita-cerita baru |
C. | mendengarkan cerita berulang-ulang |
D. | membaca bersama orang dewasa |
69) | Sebelum anak usia TK dapat membaca tulisan, ia bergantung pada ………….. |
A. | bantuan orang dewasa |
B. | ingatan mengenai cerita dan gambar |
C. | bentuk-bentuk huruf vokal |
D. | bentuk-bentuk huruf konsonan |
70) | Apabila kita hendak berpartisipasi dalam permainan pura-pura dengan anak, yang perlu kita perhatikan adalah …. |
A. | jangan lupa memperkenalkan tokoh-tokoh |
B. | jangan membuat cerita yang terlalu panjang |
C. | jangan mendominasi permainan |
D. | jangan membiarkan anak berkreasi semaunya |
71) | Anak-anak usia 18 bulan sampai 3 tahun berada pada tahapan perkembangan menggambar yang disebut dengan … |
A. | pre-schematic stage |
B. | scribble |
C. | schematic stage |
D. | schematic scribble |
72) | Berikut ini adalah beberapa penyajian seni 2 dimensi, kecuali ………….. |
A. | painting |
B. | assemblage |
C. | cutting |
D. | collage |
73) | Anak-anak senang membuat kegaduhan dan selalu mencoba dengan melakukan manipulasi terhadap peralatan rumah tangga untuk membuat berbagai bunyi. Hal tersebut menggambarkan bahwa anak-anak memiliki ……… |
A. | kemampuan mencipta lagu yang baik |
B. | rasa ingin tahu yang besar |
C. | keisengan yang tidak terkendali |
D. | kecenderungan untuk merusak benda-benda |
74) | Kegiatan musik akan membantu anak-anak mengembangkan beberapa aspek, diantaranya adalah ….. |
A. | membantu mengelola perasaan anak |
B. | menyiapkan masa depan anak |
C. | melatih vokal anak agar sempurna |
D. | membantu anak menguasai alat musik |
75) | Dalam mengembangkan fisik anak faktor yang sangat menentukan, antara lain ……….. |
A. | intervensi |
B. | kematangan |
C. | peralatan |
D. | pelatihan |
76) | Pengertian moral adalah …………. |
A. | kebiasaan yang dilakukan seseorang |
B. | baik buruknya manusia sebagai manusia |
C. | akhlak mulia |
D. | upaya guru untuk membiasakan anak didik berperilaku baik |
77) | Kecerdasan moral adalah kecerdasan anak yang …………… |
A. | mengarahkan anak untuk mengontrol diri dengan kuat |
B. | membuat anak ingin berbuat semaunya sendiri |
C. | membuat anak suka belajar |
D. | mengarahkan anak untuk menjadi baik, dan lembut hati |
78) | Kesadaran akan benar atau salah mengacu pada pengertian ………… |
A. | etika |
B. | karakter |
C. | nilai |
D. | moralitas |
79) | Penyusunan SKH untuk TK dalam rangka pengembangan moral anak perlu mengacu pada …………… |
A. | acuan dari kepala sekolah |
B. | keinginan guru |
C. | kurikulum yang telah disusun dalam SKM |
D. | kebutuhan anak |
80) | Yang perlu diperhatikan orang tua saat membantu mengembangkan kemampuan sosial emosional anak adalah … |
A. | orang tua bertindak sebagai teman atau menjadi guru |
B. | mengizinkan anak untuk merasakan rangkaian emosi |
C. | menjelaskan perasaan yang dirasakan orang tua di depan anak-anak |
D. | mengajak anak berdiskusi dan mempraktikkan dengan teman-temannya tentang apa yang dia rasakan |
SOAL UKA ONLINE 2
Halo Bapak/Ibu Guru yang baik hati,.
Sebagai persiapan untuk menghadapi ujian UKG maka kami sediakan beberapa link soal di bawah ini.
Silahkan di buka dan berlatih.
Semoga dapat bermanfaat bagi bapak/ibu sekalian.
Dan untuk Latihan Onlinenya silahkan Klik DISINI
Sebagai persiapan untuk menghadapi ujian UKG maka kami sediakan beberapa link soal di bawah ini.
Silahkan di buka dan berlatih.
Semoga dapat bermanfaat bagi bapak/ibu sekalian.
Dan untuk Latihan Onlinenya silahkan Klik DISINI
SERIAL NUMBER IDM TERBARU
Serial Number IDM
Terbaru 6
7G7QY-NZWKQ-23KRA-RAMQ4
SPOZ9-2E9IO-AKDRY-LIKEU
Serial Number IDM
Terbaru 5.14
ZFX1T-5VOMY-ZIT4Y-FHFPD
Serial Number IDM
Terbaru 5.14.1.0
Y30OZ-DNQH7-FRWPW-YYZMA
Serial Number IDM
Terbaru 5.15.6 S/N:
Y5LUM-NFE0Q-GJR2L-5B86I
4BTJF-DYNIL-LD8CN-MM8X5
XAGZU-SJ0FO-BDLTK-B3C3V
Serial Number IDM
Terbaru 5.17.3
RLDGN-OV9WU-5W589-6VZH1
HUDWE-UO689-6D27B-YM28M
UK3DV-E0MNW-MLQYX-GENA1
398ND-QNAGY-CMMZU-ZPI39
GZLJY-X50S3-0S20D-NFRF9
W3J5U-8U66N-D0B9M-54SLM
EC0Q6-QN7UH-5S3JB-YZMEK
UVQW0-X54FE-QW35Q-SNZF5
FJJTJ-J0FLF-QCVBK-A287M
Sumber Artikel : http://googel22.blogspot.com/2012/08/serial-number-idm.html .
Copyright Kata Bijak - Under Common Share Alike Atribution.
SOAL SOAL UKG - AKHIR PLPG
Contoh soal Ujian Akhir PLPG SD 2012
PLPG memang harus dipersiapkan, akan tetapi para peserta tidak harus panik, resah & gelisah dalam menyikapi PLPG. Maaf, banyak rekan rekan guru yang stres saat menjalani PLPG.
Sebenarnya PLPG adalah mudah dijalani, namun ketakutan untuk tidak lulus, rasa malu jika tidak lulus dan berbagai aksi baru yang harus dijalani rekan guru tentu menjadi beban tersendiri.
Berikut adalah contoh soal Uji Akhir PLPG SD, sebagai bahan bacaan dan acuan rekan rekan guru yang hendak menuju PLPG 2012. semoga bermanfaat !!
Silahkan klik dibawah ini
Contoh Soal Uji akhir PLPG 2012
Contoh soal PTK 1
Contoh soal PTK 2
Contoh soal Studi kasus
Contoh soal Model,media & Evaluasi pembelajaran
Contoh soal Pengembangan Profesionalisme guru
Contoh soal PTK 1
Contoh soal PTK 2
Contoh soal Studi kasus
Contoh soal Model,media & Evaluasi pembelajaran
Contoh soal Pengembangan Profesionalisme guru
Semoga bermanfaat buat bapak / ibu guru dimanapun berada.
sukses selalu!!!
SOAL SOAL UKG AKHIR - PLPG 2011 - MANUAL :
sukses selalu!!!
SOAL SOAL UKG AKHIR - PLPG 2011 - MANUAL :
Pilihan
Ganda.
1.
Ciri-ciri
khas guru yang mempunyai tanggung jawab pribadi yang tinggi, kecuali :
a.
Mengerjakan
pekerjaan yang diberikan kepadanya secara tuntas
b.
Selalu
berusaha menghasilkan yang terbaik
c.
Merasa
bertanggung jawab atas semua yang dihasilkannya baik yang buruk atau yang jelek
d.
Sering
menyalahkan orang lain dan kondisi, kalau ada hal-hal yang kurang tepat salah
2.
Contoh
pribadi guru yang melaksanakan tugasnya secara profesional, diantaranya :
a.
Setiap hari
datang ke sekolah selalu pagi
b.
Melaksanakan
peran guru sepanjang waktu
c.
Membuat
jurnal harian
d.
Membimbing
anak les
3.
Makna dari
Kode Etik guru Indonesia yang harus difahami guru, kecuali :
a.
Sebagai
himpunan nilai-nilai dan norma-norma profesi guru
b.
Sebagai
landasan moral dan pedoman tingkah laku setiap guru dalam menunaikan tugas
kepribadiannya.
c.
Pedoman
berperilaku di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat
d.
Merupakan
alat yang amat penting untuk menuntut hak profesional para anggota profesi
keguruan
4.
Etos kerja
yang perlu dipahamidan dijadikan budaya kerja bagi guru karena beberapa alasan,
kecuali :
a.
Kerja itu
rahmat, oleh karena itu guru perlu jiwa besar, pikiran luas, hati baik, sumber
berkah, suka cita, ikhlas, bersyukur
b.
Kerja itu
amanah, oleh karena itu guru harus adil, benar, jujur, aman terpercaya,
bertanggung jawab, pembangun dan pengembang
c.
Kerja itu
panggilan, oleh karena itu guru harus responsif, ekspresif, unik, khas,
berintegrasi, tumbuh menjadi bigger-higher, dan better.
d.
Kerja itu
seni, oleh karena itu guru harus pandai bernyanyi, menari dan suka
berpenampilan indah
5.
Beberapa
komitmen yang harus dilaksanakan secara berkelanjutan oleh guru , berkaitan
dengan gelar profesional yang disandangnya, kecuali :
a.
Selalu
belajar mengembangkan pengetahuan dari berbagai sumber
b.
Mengembangkan
kurikulum sesuai kemampuan
c.
Selalu
memperhatikan keragaman latar belakan keluarga peserta didik
d.
Memenuhi
kebutuhan individual dalam belajar di kelas maupun di area sekolah
6.
PAKEM merupakan singkatan dari :
a.
Pembelajaran Aktif, Kreatif, Ekonomis dan Menyenangkan
b.
Pendidikan Aktif, Kreatif Efektif dan Menyenagkan
c.
Pembinaan Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan
d.
Pembelajaran Aktif, Kreatif namun tetap Efektif dalam
suasana yang menyenagkan
7.
Salah satu ciri PAKEM adalah :
a.
Dominan menggunakan metode ceramah
b.
Sumer belajar utama adalah buku paket
c.
Lingkungan sebagai sumer belajar
d.
Pembelajaran erpusat pada guru
8.
Salah satu cri pembelajaran yang erpusat pada guru adalah :
a.
Siswa sktif
b.
Guru menciptakan pembelajaran yang menantang
c.
Jawaban siswa harus sama dengan guru
d.
Metode pembelajaran ervariasi
9.
Pembelajaran yang erpusat pada guru dapat mengakibatkan :
a.
Motivasi belajar anak meningkat
b.
Siswa kurang dapat bekerja sama
c.
Guru menjadi kreatif
d.
Pembelajaran bermakna
10.
Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah
:
a.
Guru memahami anak secara perorangan
b.
Memanfaatkan uku paket sebagai sumber belajar
c.
Menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
d.
Guru tidak memberikan umpan balik
11.
Berikut ini adalah hal-hal yang harus termasuk dalam abstrak,
kecuali :
a.
Tujuan penelitian
b.
Metode penelitian
c.
Daftar pustaka
d.
Kesimpulan
12.
hal yang penting disampaikan pada latar belakang masalah
adalah :
a.
Masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran
b.
Upaya apa yang pernah dilakukan
c.
Apa akibatnya bila masalah itu tidak segera diselesaikan
d.
Semua benar
13.
Pada bagian hasil dan pembahasan, yang perlu disampaikan
secara rinci adalah :
a.
Keadaan yang terjadi selama dilakukan tindakan
b.
Metode penelitian
c.
Latar belakang masalah
d.
Deskripsi tentang teori-teori yang digunakan
14.
Pada bagian kesimpulan harus menjawab :
a.
Manfaat penelitian
b.
Tujuan penelitian
c.
Masalah penelitian
d.
Metode penelitian
15.
Lampiran penelitian meliputi :
a.
RPP
b.
Foto
c.
Hasil Instrumen
d.
Semua benar
16.
Penyusunan RPP merupakan penjabaran dari silabus. Prinsip
ini didasarkan pada teori :
a.
Sitem
b.
Belajar
c.
Pembelajaran
d.
Komunikasi
17.
Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator digunakan
untuk mengembangkan komponen silabus, kecuali :
a.
Tujuan
b.
Materi
c.
Strategi
d.
Evalusi
18.
langkah pertam menyusun RPP sebelum mengembangkan komponen
pokok RPP :
a.
Menuliskan standar kompetensi
b.
Mengidentifikasi identitas mata pelajaran
c.
Menuliskan judul mata pelajaran
d.
Mengidentifikasi materi pokok
19.
Bahan ajar yang ersifat self contained (bahan belajar
mandiri) dirancang dengan komponen sistem pemelajaran, kecuali :
a.
Tersedia petunjuk guru dan petunjuk siswa
b.
Tersedia tujuan, materi, latihan dan formatif
c.
Tersedia kunci jawaban dan umpan balik
d.
Tersedia lembar jawaban
20.
Lembar Kerja Siswa (LKS) dikembangkan berdasarkan komponen
di dalam silabus dan RPP :
a.
Tujuan pembelajaran
b.
Materi pembelajaran
c.
Kegiatan belajar siswa
d.
Strategi pembelajaran
21.
Kalimat yang menunjukan adanya bilangan kardinal adalah :
a.
Rony memperoleh nilai tertinggi dalam tes matematika
b.
Riana mempunyai tiga anjing
c.
Rerata nilai UASBN matematika tahun ajaran 2010/2011
merupakan nilai terendah yang dicapai SD Pesisir
d.
Hanya siswa dengan nomor tes akhir yang tidak mendapat
hadiah
22.
Pendekatan spiral dalam pembelajaran matematika SD
mengiindikasikan ahwa pembelajaran diberikan melalui :
a.
Matematika horisontal
b.
Matematika vertikal
c.
Objek langsung matematika
d.
Konteks yang dekat dengan anak
23.
Pemelajaran matematika yang menerapkan konsep DAP merupakan
pemelajaran yang berpijak pada dua kesesuaian, yakni kesesuaian :
a.
Objek langsung dan tidak langsung matematika
b.
Matematika horisontal dan vertikal
c.
Usia dan karakteristik individual
d.
Pengetahuan konseptual dan prosedural
24.
Pembelajaran bilangan dapat diajarkan dengan memberikan
kesempatan kepada anak untuk
a.
Memandingkan banyak benda
b.
Membilang benda secara bermakna
c.
Memanipulasi benda yang menunjukkan banyak dan urutan benda
d.
Membilang benda secara hapalan
25.
Model yang tidak dapat digunakan untuk menjelaskan konsep
operasi bilangan adalah :
a.
Himpunan
b.
Luas
c.
Panjang
d.
Volume
26.
Yang dimaksud IPA sebagai pruduk adalah :
a.
Kumpulan pengetahuan hasil temuan ahli IPA
b.
Teknologi yang dikembangkan seagai hasil terapan IPA
c.
Keterampilan yang lengkap mendapatkan IPA
d.
Berbagai sikap ilmiah yang dikembangkan melalui telaah IPA
27.
Keterampilan komunikasi dapat dikembangkan dalam
pembelajaran IPA melalui :
a.
Menusun penelitian
b.
Merumuskap hipotesis
c.
Dapat membuat kesimpulan
d.
Mengajukan hipotesis
28.
Diawah ini yang merupakan sikap ilmiah yang dikembangkan
melalui pembelajaran IPA di SD adalah :
a.
Kemampuan prediksi
b.
Menghargai pendapat teman
c.
Dapat membuat kesimpulan
d.
Mengajukan hipotesis
29.
Alasan pembelajaran IPA tak cukup hanya diajarkan dengan
ceramah :
a.
Materi pembelajaran IPA di SD terlalu banyak
b.
Pembelajaran IPA selalu harus dieksperimenkan
c.
Selalu tersedia alat IPA yang memadai di sekolah
d.
Tidak membelajarkan siswa keterampilan proses
30.
Yang termasuk keterampilan proses menengah adalah :
a.
Mengukur suatu besaran dengan alat ukur tertentu
b.
Membandingkan satu objek dengan objek lain
c.
Mengelompokkan berdasarkakriteria tertentu
d.
Mengajukan prediksi atasberbagai kemungkinan
31.
Yang dimaksud dengan IPA sebagai pruduk adalah :
a.
Pemerolehan IPA melalui metode ilmiah
b.
Konsep-konsep IPA hasil temuan ahli IPA
c.
Produk-produk IPA seperti barang-barang teknologi
d.
Sikap ilmiah yang dikembangkan melalui pembelajaran IPA
32.
Salah satu contoh keterampilan proses IPA adalah :
a.
Ingin sesuatu yang baru
b.
Berfikir bebas
c.
Disiplin
d.
Komunikasi
33.
Salah satu contoh sikap ilmiah pada pembelajaran IPA adalah
:
a.
Bertanggung jawab
b.
Melakukan eksperimen
c.
Mengajukan hipotesis
d.
Membuat kesimpulan
34.
Keuntungan pendekatan keterampilan proses jika diterapkan
pada pembelajaran IPA :
a.
Berkembangnya jumlah pertanyaan pada anak
b.
Guru tidak perlu terlalu aktif dalam mengajar
c.
Alat yang digunakan tersedia di sekitar anak
d.
Sekaligus dapat mengajarkan IPA sebagai produk
35.
Lingkungan tepat digunakan sebagai media pembelajaran IPA di
SD karena :
a.
Lingkungan merupakan sumber belajar
b.
Sesuai dengan objek pembelajaran IPA
c.
Guru tidak perlu bersusah payah
d.
Harganya sangat murah
36.
Pembelajaran IPA sejalan dengan metode ilmiah adalah :
a.
Anak diberi penjelasan semua konsep yang dipelajari
b.
Anak diberi ceramah lalu melakukan percobaan
c.
Anak dibiarkan untuk melakukan percobaan sendiri
d.
Anak melakukan percobaan lalu diajak menyimpulkan
37.
Penerapan prinsip belajar berkesinambungan pada pembelajaran
IPA adalah :
a.
Belajar sepanjang hari
b.
Belajar dengan pengamatan
c.
Belajar dari contoh yang sulit terlebih dahulu
d.
Belajar dari pengamatan baru kesimpulan
38.
Melalui kurikulum, sekolah Dasar telah mengajarkan Ilmu
Pengetahuan Sosial, yang memiliki tujuan agar :
a.
Sedini mungkin peserta didik dapat beradaptasi dalam kehidupannya
b.
Mengenal hakikat pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial
c.
Dapat membentuk manusia bejiwa sosial
d.
Memamhami hakikat kehidupan sosial
39.
Perana Ilmu Pengetahuan Sosial diharapkan dapat :
a.
Mendorong peradaban manusia dalam kehidupannya
b.
Memecahkan berbagai maslah kehidupan yang dihadapinya
c.
Menangani masalah sosial dalam kehidupan
d.
Membentuk anak menjadi anggota masyarakat sosial
40.
Fungsi Pendidikan Ilmu Sosial (IPS) dalam pandangan
pendisikan dasar, yang pertama dan utama adalah :
a.
Membangun fondasi anak sebagai anggota masyarakat dan
mkhlukindividu
b.
Menyiapkan masyarakat didik dalam era global
c.
Peletak dasar kesadaran diri para siswa sebagai makhluk
individu (carracter building)
d.
Melandasi diri anak dengan pengetahuan tentang dunia beserta
peradabannya.
41.
Karakteristik mata p-elajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SD
adalah sebagai mata pelajaran yang lebih mengarah pada :
a.
Pembentukkan karakter (carracter building) sejak awal
pendidikan dasar
b.
Mengembangkan kepribadian sebagai anak bangsa yang memiliki
derajat sama dalam kehidupan
c.
Penyadaran diri sebagai anggota masyarakat dan sebagai
individu yang merdeka
d.
Pembentukan peserta didik dalam lingkungannya, terhadap
berbagai aktifitas kehidupan manusia sampai peradabannya.
42.
DAP (Depelopmentally Appropiate Practice) merupakan
prinsip-prinsip kesesuaian dalam pendekatan pembelajaran yang efektif. Prinsip
tersebut meliputi :
a.
Usia, motivasi dan kebutuhan anak
b.
Kebutuhan, kemampuan dan karakter anak
c.
Perkembangan, motivasi dan usia anak
d.
Perkembangan, kemampuan dan kebutuhan anak
43.
Diperhatikan dari sifatnya materi Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial tergolong sebagai pengetahuan yang :
a.
Dinamis
b.
Statis
c.
Fleksibel
d.
Normative
44.
Pentingnya sejak usia sekolah dasar diberikan pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah supaya:
a.
Anak didik mengenal lingkungan hidup sekitarnya
b.
Anak didik dspst menjadi anggota masyarakat yang baik
c.
Anak didik menguasai hakikat ilmu sosial
d.
Anak didik dapat beradaptasi dengan lingkungan tempat
hidupnya
45.
Makna mendasar dari pengenalan anak didik sebagai anggota
masyarakat adalah sebagai proses ?
a.
Penyadaran terhadap keberadaan dirinya dalam lingkungan
kehidupan
b.
Penanaman nilai ilmu sosial kemasyarakatan
c.
Transfer ilmu pengetahuan dasar tentang hakikat ilmu sosial
d.
Pendewasaan dalam mensikapi kehidupan bermasyarakat
46.
Menurut Piaget perkembangan moral anak usia SD melalui dua
tahap yaitu :
a.
Heterogen dan homogen
b.
Aouto dan introvet
c.
Extrovet dan introvet
d.
Auto nomous dan heteronomous
47.
Pada saat anak telah menyadari bahwa aturan dan hukum
diciptakan manusia, secara prinsip dalam pandangan ilmu pendidikan, berarti
anak tersebut telah memiliki tahap perkembangan :
a.
Otonomi
b.
Self direction
c.
Aoutnomous
d.
Heteronomous
48.
Tokoh perkembangan moralitas manusia yang mengatakan bahwa
anak mengalami penalaran moral secara konvensional adalah :
a.
Piaget
b.
Kohlberg
c.
Bandura
d.
Ki Hajar Dewantoro
49.
Pendidikan Kewarganegaraan disebut juga sebagai pendidikan
untuk :
a.
Carracter Building
b.
Civil Education
c.
Life Adjustment Education
d.
self Awareness Education
50.
Pendekatan pembelajaran yang dipandang sangat tepat untuk
mengajarkan Pendidikan Kewarganegaraan bagi anak usia SD kelas awal, diantaranya adalah :
a.
selalu mengaitkan materi dengan masalah kontekstual
b.
pemberian contoh sebagai upaya ilustrasi materi pembelajaran
c.
disesuaikan dengan kebutuhan anak usia Sekolah Dasar
d.
pembelajaran yang menyenangkan bagi anak
51.
Selain kita mengenal semboyan “Bhineka Tunggal Ika”
sebenarnya istilah itu dilengkapi dengan semboyan “Tan Hana Darma Mangrwa” Makna
dari semboyan kedua adalah :
a.
tidak ada pengorbanan yang kedua
b.
tiada pengabdian yang mendua
c.
tidak ada cita-cita ganda
d.
tidak ada cita-cita untuk bercerai/hancur
52.
Hak azasi manusia hampir di seluruh dunia pada dasarnya
masih terampas oleh pihak-pihak yang selalu ingin berbuat serakan dan menindas,
sampai pada akhirnya ada sebuah deklarasi sedunia tentang pengakuan hak azasi
tersebut yang dikenal dengan :
a.
Piagam Magna Charta
b.
Declaration of Indefendent
c.
Universal Declaration of Human Right
d.
United Nation of Human Right
53.
Pak Andi seorang guru menceritakan cerita “Dewi Sri”
kemudian guru menugaskan siswa membuat garis-garis besar cerita. Pada kegiatan
ini siswa melakukan kegiatan
a.
Menyimak ekstensif
b.
Menyimak kritis
c.
Menyimak sekilas
d.
Menyimak cepat
54.
Pada suatu hari Bu guru Wati menugaskan muridmuridnya masuk
ke perpustakaan. Lalu meminta muridnya membaca buku dan melaporkan apa yang
sudah dibaca. Jenis membaca yang dilakukan oleh murid Bu Wati adalah :
a.
Membaca pemahaman
b.
Membaca indah
c.
Membaca pustaka
d.
Membaca cepat
55.
Dalam membaca tehnik yang harus diperhatikan adalah :
a.
Penguasaan lafal, jeda, lagu dan intonasi
b.
Pemahaman isi bacaan
c.
Kecepatan pemahanan isi bacaan
d.
Penguasaan struktur bahasa
56.
Kompetensi utama yang ingin dicapai dalam pembelajaran
bahasa adalah :
a.
Siswa menguasai kaidah-kaidah kebahasaan
b.
Siswa menyenangi bahasa Indonesia
c.
Siswa terampil berkomunikasi
d.
Siswa mengagumi bahasa Indonesia
57.
Pendekatan yang menekankan pada kompetensi berkomunikasi
pada pembelajaran bahasa adalah pendekatan :
a.
Pendekatan keterampilan proses
b.
Pendekatan komunikatif
c.
Pendekatan whole language
d.
Pendekatan pragmatik
58.
Pendekatan Whole Language dalam pembelajaran bahasa
menekankan pada pembelajaran bahasa secara :
a.
Utuh
b.
Alamiah
c.
Komunikatif
d.
a dan b benar
59.
”Siswa mampu memahami informasi yang disampaikan secara
lisan’. Tujuan pembelajaran tersebut merupakan tujuan dari keterampilan
berbahasa :
a.
Membaca
b.
Berbicara
c.
Menyimak
d.
mendengarkan
60.
Proses belajar menulis bersifat nonlinear, maksudnya adalah
:
a.
menulis harus mulai dari teori
b.
dalam menulis praktek dulu teori belakangan
c.
kegiatan menulis dapat dimulai dari yang disenangi siwa
d.
proses menulis tidak harus ada urutan-urutan tertentu dari
a-z
61.
SCL adalah salah satu inovasi di bidang pendidikan yang bercirikan:
a.
Menekankan transfer pengetahuan dari guru ke siswa,
b.
Lebih menekankan pada penguasaan materi,
c.
Penekanan pada pencapaian kompetensi,
d.
Proses pembelajaran dan penilaian dilakukan secara terpisah,
e.
Penekanan pada ketuntasan materi pelajaran.
62.
Pemilihan model pembelajaran sangat bergantung pada:
a.
Sarana-prasarana,
b.
Siswa,
c.
Kurikulum,
d.
Guru,
e.
Semuanya benar.
63.
Perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi:
a.
Perkembangan model pembelajaran,
b.
Cara belajar siswa,
c.
Cara mengajar guru,
d.
Perkembangan bahan ajar,
e.
Semuanya benar.
64.
Model pembelajaran yang meminta siswa untuk mengurutkan dan
menjelaskan gambar setelah guru menyampaikan materi adalah:
a.
Cooperative Script,
b.
Metode Jigsaw,
c.
Snowball Throwing,
d.
Problem Solving,
e.
Picture and Picture.
65.
Model pembelajaran yang mengedepankan kerjasama sesama guru serta melakukan perencanaan, praktek mengajar, observasi Refleksi/kritikan terhadap pembelajaran adal
b.
Cooperative Script,
c.
Metode Jigsaw,
d.
Snowball Throwing,
e.
Inquiry.
66.
Model pembelajaran dengan cara membuat pertanyaan yang dituliskan pada kertas lalu diberikan pada ketua kelompok untuk dilempar ke siswa lain untuk dijawab adalah:
a.
Lesson Study,
b.
Cooperative Script,
c.
Metode Jigsaw,
d.
Snowball Throwing,
e.
Inquiry.
67.
Model pembelajaran dimana guru membagi topik tertentu menjadi beberapa subtopik, selanjutnya membagi siswa ke dalam kelompok belajar kooperatif, setiap anggota bertanggungjawab terhadap penguasaan setiap subtopik, adalah:
a.
Lesson Study,
b.
Cooperative Script,
c.
Metode Jigsaw,
d.
Snowball Throwing,
e.
Inquiry.
68.
Model pembelajaran yang mempunyai kelebihan mendorong siswa berpikir secara ilmiah, kreatif, intuitif dan bekerja atas dasar inisiatif sendiri, menumbuhkan sikap objektif, jujur dan terbuka, adalah:
a.
Role Playing,
b.
Inquiry,
c.
Problem Solving,
d.
Picture and Picture,
e.
Metode Jigsaw.
69.
Model pembelajaran yang menggunakan gambar dan dipasangkan / diurutkan menjadi urutan logis, adalah:
b.
Inquiry,
c.
Problem Solving,
d.
Picture and Picture,
e.
Metode Jigsaw.
70.
Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat,
adalah:
a.
Role Playing,
b.
Inquiry,
c.
Problem Solving,
d.
Picture and Picture,
e.
Metode Jigsaw.
71.
Beragam teknik penilaian dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentangkemajuan belajar siswa, baik yang berhubungan dengan proses belajar maupun hasil belajarTeknik-teknik penilain tersebut adalah sebagai berikut, kecuali:
a.
Penilaian unjuk kerja
b.
Penilaian sikap
c.
Penilaian observasi langsung
d.
Penggunaan tertulis
72.
Dalam Soal tes tertulis peserta didik tidak selalu merespon dalam bentuk menulis jawaban tetapi dapat juga dalam bentuk yang lain seperti berikut, kecuali:
a.
Memberi tanda
b.
Mewarnai
c.
Membaca
d.
Menggambar
73.
Tes tertulis dalam bentuk mensuplai jawaban dapat dibedakan, kecuali menjadi:
b.
isian
c.
jawaban singkat
d.
uraian.
74.
Tes ini dapat digunakan untuk menilai kemampuanberfikir tinggi !
a.
tes sebab-akibat
b.
tes benar – salah
c.
tes menjodohkan
d.
tes pilihan ganda.
75.
Tes tertulis bentuk ini merupakan alat penilaian yang menuntut peserta didik untuk mengingat, memahami, dan mengorganisasikan gagasannya atau hal-
hal yang telah dipelajarinya.
a.
jawaban singkat
b.
uraian
c.
isian
d.
pilihan ganda.
76.
Dalam menyusun alat penilaian tertulis perlu dipertimbangkan hal-hal berikut, kecuali .........
a.
jumlah item
b.
karakteristik mata pelajaran
c.
materi
d.
konstruksi
77.
Tes pilihan ganda memiliki beberapa kekurangan diantaranya tersebut berikut ini, kecuali .........
a.
peserta didik tidak mengembangkan sendiri jawabannya
b.
menimbulkan kecenderungan anak didik tidak belajar
c.
kurang dapat untuk memodifikasi kegiatan pembelajaran
d.
banyak digunakan untuk penilaian ketrampilan berbahasa secara formal.
78.
Kelemahan tes tertulis bentuk uraian antara lain .....
b.
dapat menilai berbagai jenis kompetensi
c.
cakupan materi yang ditanyakan terbatas
d.
peserta didik dituntut untuk mengemukakan pendapatnya dengan kata-katanya sendiri.
79.
Keberhasilan pembelajaran bergantung pada beberapa hal, kecuali ....
a.
efektifitas penilaian kelas
b.
cost benefit yang besar
c.
perancangan penilaian secara sistemasis
d.
perlakuan penilaian yang secara terus-menerus dan berkesinambungan.
80.
Penilaian kelas yang baik akan memberikan informasi yang bermanfaat, kecuali
a.
bagi orang tua, dapat meningkatkan gairah kerjanya agar dapat membiayai sekolah anak-anaknya
b.
bagi guru, dapat meningkatkan efektifitas mengajarnya
c.
bagi peserta didik, akan meningkatkan kualitas kegiatan/hasil belajarnya
d.
mampu memotivasi anak didik meningkatkan terus upaya belajarnya.
81.
KTSP menuntut adanya perubahan dalam mengelola proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus
(a). Inovatip dan Kreatip
(b) Paradikma Teaching berubah menjadi learning
(c). cara berpikir produktip menjadi reflektip dan
(d ). Demonstrating the knowledge.
Soal : dari pernyataan tersebut yang tidak sesuai adalah :
a. (a) dan (b)
b. (a) dan (d)
c. (d)
d. (c)
82.
Menggunakan media dan menggunakan teknik presentasi merupakan salah satu cara mengelola pembelajaran akan :
(b). Membosankan siswa
(c). Meningkatkan daya serap siswa
(d). Merepotkan dan membebani guru
Soal : Dari pernyataan tersebut yang benar adalah :
a.
(a) dan (b)
b.
(a) dan (c)
c.
(b) dan (d)
d.
(c)dan (d)
83.
Sumber belajar adalah segala macam sumber yang memungkinkan siswa belajar. Ada bermacam-macam sumber belajar yaitu yang benar terdiri dari :
a.
pesan dan orang
b.
Alat dan teknik
c.
Lingkungan,
d.
pesan dan bahan
(boleh pilih lebih dari satu jawaban)
84.
Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar siswa.
Soal : Pernyataan tersebut merupakan konsep media yang dinyatakan oleh:
a.
Palmer, W
b.
Gagne
c.
Bright
d.
AECT
85.
Yang termasuk bahan pertimbangan dalam memilih media dalam pembelajaran diantaranya adalah :
b.
Kesesuaian dengan tujuan dan bahan
c.
harganya mahal dan modern
d.
Pengoperasiannya sulit.
86.
Manakah media yang paling baik untuk mengajar
a.
VCD
b.
Flip
c.
Hart
d.
OHT
e.
LCD
87.
Fungsi GBIPM (Garis Besar Isi Program Media) adalah
a.
instrument perencanaan media dalam pembelajaran
b.
Instrument Pengembangan Media dalam pembelajaran
c.
Instrument Pemilihan Media dalam pembelajaran
d.
Perencanaan Program Media dalam pembelajaran
(boleh pilih lebih dari satu jawaban)
88.
Media dalam pembelajaran harus didisain dengan baik dan menarik. Hal ini karena media bukan semata mata berperan sebagai perantara
atau pengantar pesan, tetapi media juga perperan sebagai Perangsang:
a.
Pikiran dan Perasaan
b.
Perhatian dan minat
c.
Menarik perhatian
d.
Menarik Minat.
(boleh memilih dua opsi yang tepat)
89.
Pilihlah jenis huruf berikut ini yang menurut saudara paling tepat untuk membuat
media OHT/Slide presentasi
a.
Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
b.
Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
d.
Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
90.
Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
a.
sikap penulis
b.
panjang tulisan
c.
struktur sajian
d.
penggunaan bahasa
91.
Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
a.
pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
b.
pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
c.
abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
d.
abstrak, bagian inti, penutup
92.
Bagian penutup suatu karya tulis ilmiah, pada umumnya menyajikan tentang
a.
rangkuman dan tindak lanjut
b.
simpulan umum
c.
rekomendasi penulis
d.
simpulan dan saran
93.
Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh
subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
a.
Pendidikan
b.
Kebudayaan
c.
Pemulung
d.
informatika
94.
Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada,
kecuali
a.
fakta atau kenyataan
b.
argumentasi
d.
data empirik/hasil penelitian
95.
Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
a.
Resmi
b.
Baku
c.
Impersonal
d.
personal
96.
Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi
komponen
a.
daftar pustaka
b.
abstrak
c.
daftar tabel
d.
lampiran
97.
Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
a.
memaparkan bidang ilmu tertentu
b.
merupakan deskripsi suatu kejadian
c.
menggunakan gaya bahasa resmi
d.
disajikan secara sistematis
98.
Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah
a.
senjata makan tuan
b.
kumbang cantik pengisap madu
c.
pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
d.
pengaruh obat bius yang menghebohkan
99.
Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang
dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai
pembeda adalah
a.
sistematika tulisan
c.
ragam bahasa yang digunakan
d.
pengarang
100.
Artikel dapat dikelompokkan menjadi
a.
artikel laporan dan artikel rujukan
b.
artikel konseptual dan artikel teoritis
c.
artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
d.
artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan
101.
Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk
menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
a.
kelayakan ide untuk dipublikasikan
b.
wacana tentang ide yang sedang berkembang
c.
kesiapan ide untuk didiskusikan
d.
persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama
102.
Tulisan analisis konseptual terdiri dari
a.
judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
b.
judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
c.
judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
d.
judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi
103.
Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat
berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
a.
Abstrak
b.
Pendahuluan
c.
Diskusi
d.
referensi
104.
Referensi memuat semua rujukan yang
a.
pernah dibaca penulis
b.
perlu dibaca pembaca
c.
dimuat dalam badan tulisan
Subscribe to:
Posts (Atom)