Sunday, February 7, 2010

Selayang Pandang

Lamawolo adalah sebuah desa kecil yang terletak di bawah kaki Ile Ape ( gunung Api ) yang menjulang tinggi.
Desa lamawolo telah terbentuk sejak zaman dahulu dengan nama yang sama yaitu Lamawolo.
Bahkan pada waktu itu, hanya terdapat 5 ( lima ) desa di bawah kaki Gunung Api ( Ile Ape ). Kelima desa tersebut termasuk desa
Lamawolo. (selengkapnya baca sejarah desa lamawolo )

Desa ini sangat terkenal dengan hasil peternakan Kambingnya bahkan kambing kambing dari desa ini menjadi kambing favorit untuk pelaksanaan acara adat dan tradisi nenek moyang.
Selain hasil peternakan, juga terdapat hasil laut berupa ikan.

Penduduk di Lamawolo bukan saja sebagai petani, tetapi juga sebagai peternak kambing dan babi serta nelayan penangkap ikan.
Ikan ikan hasil tangkapan nelayan lamawolo sebagian dijual dan sisanya untuk memenuhi kebutuhan akan lauk pauk.-

Desa Lamawolo sangat kesulitan untuk mendapatkan air bersih dan layak untuk dikonsumsi. di desa ini meluaplah air belerang bak sungai yang mengalir ke laut. Bebatuan yang terdapat di daerah aliran belerang berwarna putih bersih.-

Untuk mendapatkan air bersih maka penduduk berusaha membuat beberapa sumur galian; namun tidak satupun air sumur tersebut yang layang dikonsumsi. Jangankan untuk diminum, untuk mencuci saja air didesa ini masih belum layak untuk digunakan.

Walau demikian, penduduk desa Lamawolo tidak pernah mengenal kata putus asa atau menyerah terhadap kondisi alam di desanya. Tawaran Pemerintah daerah kepada seluruh penduduk untuk mengikuti transmigrasi bedol desapun ditolak oleh masyarakat Lamawolo.

Dalam segala keterbatasan dan keadaan alam yang cukup ganas, pemerintah desa menghimbau kepada warganya melalui pemuka pemuka mayarakat, tua tua adat, serta pengurus gereja untuk membuat bak penampungan disetiap rumah tangga. Bak penampungan ini berfungsih untuk menampung air hujan pada musim penghujan sehingga dapat dipergunakan selama musim kemarau.

Hingga saat ini, hampir setiap rumah tangga di desa Lamawolo terdapat 1 ( satu ) bak penampung air hujan.

Syukur pada Tuhan karena pada saat ini warga desa Lamawolo tidak lagi mengalami kesulitan akan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari harinya.
Semua ini berkat kemauan dan kerja sama pemerintah desa dan warga masyarakat lamawolo dalam membangun desa lamawolo menjadi desa kebanggaan setiap warganya.

Lamawolo witilewun - Tana Baka lamawala
Selalu dihati kami putera puterimu.





Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan silahkan tinggalkan pesan anda untuk masukan kami