Tuesday, April 30, 2013

SOAL SOAL UKG - AKHIR PLPG


Contoh soal Ujian Akhir PLPG SD 2012

PLPG memang harus dipersiapkan, akan tetapi para peserta tidak harus panik, resah & gelisah dalam menyikapi PLPG. Maaf, banyak rekan rekan guru yang stres saat menjalani PLPG.
Sebenarnya PLPG adalah mudah dijalani, namun ketakutan untuk tidak lulus, rasa malu jika tidak lulus dan berbagai aksi baru yang harus dijalani rekan guru tentu menjadi beban tersendiri.
Berikut adalah contoh soal Uji Akhir PLPG SD, sebagai bahan bacaan dan acuan rekan rekan guru yang hendak menuju PLPG 2012. semoga bermanfaat !!
Silahkan klik dibawah ini 

Semoga bermanfaat buat bapak / ibu guru dimanapun berada.
sukses selalu!!!



SOAL SOAL UKG AKHIR - PLPG  2011 - MANUAL :



Pilihan Ganda.

1.      Ciri-ciri khas guru yang mempunyai tanggung jawab pribadi yang tinggi, kecuali :
a.       Mengerjakan pekerjaan yang diberikan kepadanya secara tuntas
b.      Selalu berusaha menghasilkan yang terbaik
c.       Merasa bertanggung jawab atas semua yang dihasilkannya baik yang buruk atau yang jelek
d.      Sering menyalahkan orang lain dan kondisi, kalau ada hal-hal yang kurang tepat salah
2.      Contoh pribadi guru yang melaksanakan tugasnya secara profesional, diantaranya :
a.       Setiap hari datang ke sekolah selalu pagi
b.      Melaksanakan peran guru sepanjang waktu
c.       Membuat jurnal harian
d.      Membimbing anak les
3.      Makna dari Kode Etik guru Indonesia yang harus difahami guru, kecuali :
a.       Sebagai himpunan nilai-nilai dan norma-norma profesi guru
b.      Sebagai landasan moral dan pedoman tingkah laku setiap guru dalam menunaikan tugas kepribadiannya.
c.       Pedoman berperilaku di sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat
d.      Merupakan alat yang amat penting untuk menuntut hak profesional para anggota profesi keguruan
4.      Etos kerja yang perlu dipahamidan dijadikan budaya kerja bagi guru karena beberapa alasan, kecuali :
a.       Kerja itu rahmat, oleh karena itu guru perlu jiwa besar, pikiran luas, hati baik, sumber berkah, suka cita, ikhlas, bersyukur
b.      Kerja itu amanah, oleh karena itu guru harus adil, benar, jujur, aman terpercaya, bertanggung jawab, pembangun dan pengembang
c.       Kerja itu panggilan, oleh karena itu guru harus responsif, ekspresif, unik, khas, berintegrasi, tumbuh menjadi bigger-higher, dan better.
d.      Kerja itu seni, oleh karena itu guru harus pandai bernyanyi, menari dan suka berpenampilan indah
5.      Beberapa komitmen yang harus dilaksanakan secara berkelanjutan oleh guru , berkaitan dengan gelar profesional yang disandangnya, kecuali :
a.       Selalu belajar mengembangkan pengetahuan dari berbagai sumber
b.      Mengembangkan kurikulum sesuai kemampuan
c.       Selalu memperhatikan keragaman latar belakan keluarga peserta didik
d.      Memenuhi kebutuhan individual dalam belajar di kelas maupun di area sekolah

6.      PAKEM merupakan singkatan dari :
a.       Pembelajaran Aktif, Kreatif, Ekonomis dan Menyenangkan
b.      Pendidikan Aktif, Kreatif Efektif dan Menyenagkan
c.       Pembinaan Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan
d.      Pembelajaran Aktif, Kreatif namun tetap Efektif dalam suasana yang menyenagkan
7.      Salah satu ciri PAKEM adalah :
a.       Dominan menggunakan metode ceramah
b.      Sumer belajar utama adalah buku paket
c.       Lingkungan sebagai sumer belajar
d.      Pembelajaran erpusat pada guru
8.      Salah satu cri pembelajaran yang erpusat pada guru adalah :
a.       Siswa sktif
b.      Guru menciptakan pembelajaran yang menantang
c.       Jawaban siswa harus sama dengan guru
d.      Metode pembelajaran ervariasi
9.      Pembelajaran yang erpusat pada guru dapat mengakibatkan :
a.       Motivasi belajar anak meningkat
b.      Siswa kurang dapat bekerja sama
c.       Guru menjadi kreatif
d.      Pembelajaran bermakna
10.  Hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan PAKEM adalah :
a.       Guru memahami anak secara perorangan
b.      Memanfaatkan uku paket sebagai sumber belajar
c.       Menyamakan aktif fisik dengan aktif mental
d.      Guru tidak memberikan umpan balik
11.  Berikut ini adalah hal-hal yang harus termasuk dalam abstrak, kecuali :
a.       Tujuan penelitian
b.      Metode penelitian
c.       Daftar pustaka
d.      Kesimpulan
12.  hal yang penting disampaikan pada latar belakang masalah adalah :
a.       Masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran
b.      Upaya apa yang pernah dilakukan
c.       Apa akibatnya bila masalah itu tidak segera diselesaikan
d.      Semua benar
13.  Pada bagian hasil dan pembahasan, yang perlu disampaikan secara rinci adalah :
a.       Keadaan yang terjadi selama dilakukan tindakan
b.      Metode penelitian
c.       Latar belakang masalah
d.      Deskripsi tentang teori-teori yang digunakan
14.  Pada bagian kesimpulan harus menjawab :
a.       Manfaat penelitian
b.      Tujuan penelitian
c.       Masalah penelitian
d.      Metode penelitian
15.  Lampiran penelitian meliputi :
a.       RPP
b.      Foto
c.       Hasil Instrumen
d.      Semua benar
16.  Penyusunan RPP merupakan penjabaran dari silabus. Prinsip ini didasarkan pada teori :
a.       Sitem
b.      Belajar
c.       Pembelajaran
d.      Komunikasi
17.  Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Indikator digunakan untuk mengembangkan komponen silabus, kecuali :
a.       Tujuan
b.      Materi
c.       Strategi
d.      Evalusi
18.  langkah pertam menyusun RPP sebelum mengembangkan komponen pokok RPP :
a.       Menuliskan standar kompetensi
b.      Mengidentifikasi identitas mata pelajaran
c.       Menuliskan judul mata pelajaran
d.      Mengidentifikasi materi pokok
19.  Bahan ajar yang ersifat self contained (bahan belajar mandiri) dirancang dengan komponen sistem pemelajaran, kecuali :
a.       Tersedia petunjuk guru dan petunjuk siswa
b.      Tersedia tujuan, materi, latihan dan formatif
c.       Tersedia kunci jawaban dan umpan balik
d.      Tersedia lembar jawaban
20.  Lembar Kerja Siswa (LKS) dikembangkan berdasarkan komponen di dalam silabus dan RPP :
a.       Tujuan pembelajaran
b.      Materi pembelajaran
c.       Kegiatan belajar siswa
d.      Strategi pembelajaran


21.  Kalimat yang menunjukan adanya bilangan kardinal adalah :
a.       Rony memperoleh nilai tertinggi dalam tes matematika
b.      Riana mempunyai tiga anjing
c.       Rerata nilai UASBN matematika tahun ajaran 2010/2011 merupakan nilai terendah yang dicapai SD Pesisir
d.      Hanya siswa dengan nomor tes akhir yang tidak mendapat hadiah
22.  Pendekatan spiral dalam pembelajaran matematika SD mengiindikasikan ahwa pembelajaran diberikan melalui :
a.       Matematika horisontal
b.      Matematika vertikal
c.       Objek langsung matematika
d.      Konteks yang dekat dengan anak
23.  Pemelajaran matematika yang menerapkan konsep DAP merupakan pemelajaran yang berpijak pada dua kesesuaian, yakni kesesuaian :
a.       Objek langsung dan tidak langsung matematika
b.      Matematika horisontal dan vertikal
c.       Usia dan karakteristik individual
d.      Pengetahuan konseptual dan prosedural
24.  Pembelajaran bilangan dapat diajarkan dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk
a.       Memandingkan banyak benda
b.      Membilang benda secara bermakna
c.       Memanipulasi benda yang menunjukkan banyak dan urutan benda
d.      Membilang benda secara hapalan
25.  Model yang tidak dapat digunakan untuk menjelaskan konsep operasi bilangan adalah :
a.       Himpunan
b.      Luas
c.       Panjang
d.      Volume
26.  Yang dimaksud IPA sebagai pruduk adalah :
a.       Kumpulan pengetahuan hasil temuan ahli IPA
b.      Teknologi yang dikembangkan seagai hasil terapan IPA
c.       Keterampilan yang lengkap mendapatkan IPA
d.      Berbagai sikap ilmiah yang dikembangkan melalui telaah IPA
27.  Keterampilan komunikasi dapat dikembangkan dalam pembelajaran IPA melalui :
a.       Menusun penelitian
b.      Merumuskap hipotesis
c.       Dapat membuat kesimpulan
d.      Mengajukan hipotesis
28.  Diawah ini yang merupakan sikap ilmiah yang dikembangkan melalui pembelajaran IPA di SD adalah :
a.       Kemampuan prediksi
b.      Menghargai pendapat teman
c.       Dapat membuat kesimpulan
d.      Mengajukan hipotesis

29.  Alasan pembelajaran IPA tak cukup hanya diajarkan dengan ceramah :
a.       Materi pembelajaran IPA di SD terlalu banyak
b.      Pembelajaran IPA selalu harus dieksperimenkan
c.       Selalu tersedia alat IPA yang memadai di sekolah
d.      Tidak membelajarkan siswa keterampilan proses
30.  Yang termasuk keterampilan proses menengah adalah :
a.       Mengukur suatu besaran dengan alat ukur tertentu
b.      Membandingkan satu objek dengan objek lain
c.       Mengelompokkan berdasarkakriteria tertentu
d.      Mengajukan prediksi atasberbagai kemungkinan
31.  Yang dimaksud dengan IPA sebagai pruduk adalah :
a.       Pemerolehan IPA melalui metode ilmiah
b.      Konsep-konsep IPA hasil temuan ahli IPA
c.       Produk-produk IPA seperti barang-barang teknologi
d.      Sikap ilmiah yang dikembangkan melalui pembelajaran IPA
32.  Salah satu contoh keterampilan proses IPA adalah :
a.       Ingin sesuatu yang baru
b.      Berfikir bebas
c.       Disiplin
d.      Komunikasi
33.  Salah satu contoh sikap ilmiah pada pembelajaran IPA adalah :
a.       Bertanggung jawab
b.      Melakukan eksperimen
c.       Mengajukan hipotesis
d.      Membuat kesimpulan
34.  Keuntungan pendekatan keterampilan proses jika diterapkan pada pembelajaran IPA :
a.       Berkembangnya jumlah pertanyaan pada anak
b.      Guru tidak perlu terlalu aktif dalam mengajar
c.       Alat yang digunakan tersedia di sekitar anak
d.      Sekaligus dapat mengajarkan IPA sebagai produk
35.  Lingkungan tepat digunakan sebagai media pembelajaran IPA di SD karena :
a.       Lingkungan merupakan sumber belajar
b.      Sesuai dengan objek pembelajaran IPA
c.       Guru tidak perlu bersusah payah
d.      Harganya sangat murah
36.  Pembelajaran IPA sejalan dengan metode ilmiah adalah :
a.       Anak diberi penjelasan semua konsep yang dipelajari
b.      Anak diberi ceramah lalu melakukan percobaan
c.       Anak dibiarkan untuk melakukan percobaan sendiri
d.      Anak melakukan percobaan lalu diajak menyimpulkan
37.  Penerapan prinsip belajar berkesinambungan pada pembelajaran IPA adalah :
a.       Belajar sepanjang hari
b.      Belajar dengan pengamatan
c.       Belajar dari contoh yang sulit terlebih dahulu
d.      Belajar dari pengamatan baru kesimpulan
38.  Melalui kurikulum, sekolah Dasar telah mengajarkan Ilmu Pengetahuan Sosial, yang memiliki tujuan agar :
a.       Sedini mungkin peserta didik dapat beradaptasi dalam kehidupannya
b.      Mengenal hakikat pendidikan Ilmu Pendidikan Sosial
c.       Dapat membentuk manusia bejiwa sosial
d.      Memamhami hakikat kehidupan sosial
39.  Perana Ilmu Pengetahuan Sosial diharapkan dapat :
a.       Mendorong peradaban manusia dalam kehidupannya
b.      Memecahkan berbagai maslah kehidupan yang dihadapinya
c.       Menangani masalah sosial dalam kehidupan
d.      Membentuk anak menjadi anggota masyarakat sosial
40.  Fungsi Pendidikan Ilmu Sosial (IPS) dalam pandangan pendisikan dasar, yang pertama dan utama adalah :
a.       Membangun fondasi anak sebagai anggota masyarakat dan mkhlukindividu
b.      Menyiapkan masyarakat didik dalam era global
c.       Peletak dasar kesadaran diri para siswa sebagai makhluk individu (carracter building)
d.      Melandasi diri anak dengan pengetahuan tentang dunia beserta peradabannya.
41.  Karakteristik mata p-elajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SD adalah sebagai mata pelajaran yang lebih mengarah pada :
a.       Pembentukkan karakter (carracter building) sejak awal pendidikan dasar
b.      Mengembangkan kepribadian sebagai anak bangsa yang memiliki derajat sama dalam kehidupan
c.       Penyadaran diri sebagai anggota masyarakat dan sebagai individu yang merdeka
d.      Pembentukan peserta didik dalam lingkungannya, terhadap berbagai aktifitas kehidupan manusia sampai peradabannya.
42.  DAP (Depelopmentally Appropiate Practice) merupakan prinsip-prinsip kesesuaian dalam pendekatan pembelajaran yang efektif. Prinsip tersebut meliputi :
a.       Usia, motivasi dan kebutuhan anak
b.      Kebutuhan, kemampuan dan karakter anak
c.       Perkembangan, motivasi dan usia anak
d.      Perkembangan, kemampuan dan kebutuhan anak
43.  Diperhatikan dari sifatnya materi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial tergolong sebagai pengetahuan yang :
a.       Dinamis
b.      Statis
c.       Fleksibel
d.      Normative

44.  Pentingnya sejak usia sekolah dasar diberikan pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah supaya:
a.       Anak didik mengenal lingkungan hidup sekitarnya
b.      Anak didik dspst menjadi anggota masyarakat yang baik
c.       Anak didik menguasai hakikat ilmu sosial
d.      Anak didik dapat beradaptasi dengan lingkungan tempat hidupnya
45.  Makna mendasar dari pengenalan anak didik sebagai anggota masyarakat adalah sebagai proses ?
a.       Penyadaran terhadap keberadaan dirinya dalam lingkungan kehidupan
b.      Penanaman nilai ilmu sosial kemasyarakatan
c.       Transfer ilmu pengetahuan dasar tentang hakikat ilmu sosial
d.      Pendewasaan dalam mensikapi kehidupan bermasyarakat
46.  Menurut Piaget perkembangan moral anak usia SD melalui dua tahap yaitu :
a.       Heterogen dan homogen
b.      Aouto dan introvet
c.       Extrovet dan introvet
d.      Auto nomous dan heteronomous
47.  Pada saat anak telah menyadari bahwa aturan dan hukum diciptakan manusia, secara prinsip dalam pandangan ilmu pendidikan, berarti anak tersebut telah memiliki tahap perkembangan :
a.       Otonomi
b.      Self direction
c.       Aoutnomous
d.      Heteronomous
48.  Tokoh perkembangan moralitas manusia yang mengatakan bahwa anak mengalami penalaran moral secara konvensional adalah :
a.       Piaget
b.      Kohlberg
c.       Bandura
d.      Ki Hajar Dewantoro
49.  Pendidikan Kewarganegaraan disebut juga sebagai pendidikan untuk :
a.       Carracter Building
b.      Civil Education
c.       Life Adjustment Education
d.      self Awareness Education
50.  Pendekatan pembelajaran yang dipandang sangat tepat untuk mengajarkan Pendidikan Kewarganegaraan bagi  anak usia SD kelas awal, diantaranya adalah :
a.       selalu mengaitkan materi dengan masalah kontekstual
b.      pemberian contoh sebagai upaya ilustrasi materi pembelajaran
c.       disesuaikan dengan kebutuhan anak usia Sekolah Dasar
d.      pembelajaran yang menyenangkan bagi anak

51.  Selain kita mengenal semboyan “Bhineka Tunggal Ika” sebenarnya istilah itu dilengkapi dengan semboyan “Tan Hana Darma Mangrwa” Makna dari semboyan kedua adalah :
a.       tidak ada pengorbanan yang kedua
b.      tiada pengabdian yang mendua
c.       tidak ada cita-cita ganda
d.      tidak ada cita-cita untuk bercerai/hancur
52.  Hak azasi manusia hampir di seluruh dunia pada dasarnya masih terampas oleh pihak-pihak yang selalu ingin berbuat serakan dan menindas, sampai pada akhirnya ada sebuah deklarasi sedunia tentang pengakuan hak azasi tersebut yang dikenal dengan :
a.       Piagam Magna Charta
b.      Declaration of Indefendent
c.       Universal Declaration of Human Right
d.      United Nation of Human Right
53.  Pak Andi seorang guru menceritakan cerita “Dewi Sri” kemudian guru menugaskan siswa membuat garis-garis besar cerita. Pada kegiatan ini siswa melakukan kegiatan
a.       Menyimak ekstensif
b.      Menyimak kritis
c.       Menyimak sekilas
d.      Menyimak cepat
54.  Pada suatu hari Bu guru Wati menugaskan muridmuridnya masuk ke perpustakaan. Lalu meminta muridnya membaca buku dan melaporkan apa yang sudah dibaca. Jenis membaca yang dilakukan oleh murid Bu Wati adalah :
a.       Membaca pemahaman
b.      Membaca indah
c.       Membaca pustaka
d.      Membaca cepat
55.  Dalam membaca tehnik yang harus diperhatikan adalah :
a.       Penguasaan lafal, jeda, lagu dan intonasi
b.      Pemahaman isi bacaan
c.       Kecepatan pemahanan isi bacaan
d.      Penguasaan struktur bahasa
56.  Kompetensi utama yang ingin dicapai dalam pembelajaran bahasa adalah :
a.       Siswa menguasai kaidah-kaidah kebahasaan
b.      Siswa menyenangi bahasa Indonesia
c.       Siswa terampil berkomunikasi
d.      Siswa mengagumi bahasa Indonesia
57.  Pendekatan yang menekankan pada kompetensi berkomunikasi pada pembelajaran bahasa adalah pendekatan :
a.       Pendekatan keterampilan proses
b.      Pendekatan komunikatif
c.       Pendekatan whole language
d.      Pendekatan pragmatik

58.  Pendekatan Whole Language dalam pembelajaran bahasa menekankan pada pembelajaran bahasa secara :
a.       Utuh
b.      Alamiah
c.       Komunikatif
d.      a dan b benar
59.  ”Siswa mampu memahami informasi yang disampaikan secara lisan’. Tujuan pembelajaran tersebut merupakan tujuan dari keterampilan berbahasa :
a.       Membaca
b.      Berbicara
c.       Menyimak
d.      mendengarkan
60.  Proses belajar menulis bersifat nonlinear, maksudnya adalah :
a.       menulis harus mulai dari teori
b.      dalam menulis praktek dulu teori belakangan
c.       kegiatan menulis dapat dimulai dari yang disenangi siwa
d.      proses menulis tidak harus ada urutan-urutan tertentu dari a-z








61.  SCL adalah salah satu inovasi di bidang pendidikan yang bercirikan:
a.       Menekankan transfer pengetahuan dari guru ke siswa,
b.      Lebih menekankan pada penguasaan materi,
c.       Penekanan pada pencapaian kompetensi,
d.      Proses pembelajaran dan penilaian dilakukan secara terpisah,
e.       Penekanan pada ketuntasan materi pelajaran.

62.  Pemilihan model pembelajaran sangat bergantung pada:
a.       Sarana-prasarana,
b.      Siswa,
c.       Kurikulum,
d.      Guru,
e.       Semuanya benar.

63.  Perkembangan teknologi informasi sangat mempengaruhi:
a.       Perkembangan model pembelajaran,
b.      Cara belajar siswa,
c.       Cara mengajar guru,
d.      Perkembangan bahan ajar,
e.       Semuanya benar.

64.  Model pembelajaran yang meminta siswa untuk mengurutkan dan  menjelaskan gambar setelah guru menyampaikan materi adalah:
a.       Cooperative Script,
b.      Metode Jigsaw,
c.       Snowball Throwing,
d.      Problem Solving,
e.       Picture and Picture.

65.  Model pembelajaran yang mengedepankan kerjasama sesama guru serta melakukan perencanaan, praktek mengajar, observasi Refleksi/kritikan terhadap pembelajaran adal
a.       Lesson Study,
b.      Cooperative Script,
c.       Metode Jigsaw,
d.      Snowball Throwing,
e.       Inquiry.

66.  Model pembelajaran dengan cara membuat pertanyaan yang dituliskan pada kertas lalu diberikan pada ketua kelompok untuk dilempar ke siswa lain untuk dijawab adalah:
a.       Lesson Study,
b.      Cooperative Script,
c.       Metode Jigsaw,
d.      Snowball Throwing,
e.       Inquiry.

67.  Model pembelajaran dimana guru membagi topik tertentu menjadi beberapa subtopik, selanjutnya membagi siswa ke dalam kelompok belajar kooperatif, setiap anggota bertanggungjawab terhadap penguasaan setiap subtopik, adalah:
a.       Lesson Study,
b.      Cooperative Script,
c.       Metode Jigsaw,
d.      Snowball Throwing,
e.       Inquiry.

68.  Model pembelajaran yang mempunyai kelebihan mendorong siswa berpikir secara ilmiah, kreatif, intuitif dan bekerja atas dasar inisiatif sendiri, menumbuhkan sikap objektif, jujur dan terbuka, adalah:
a.       Role Playing,
b.      Inquiry,
c.       Problem Solving,
d.      Picture and Picture,
e.       Metode Jigsaw.

69.  Model pembelajaran yang menggunakan gambar dan dipasangkan / diurutkan menjadi urutan logis, adalah:
a.       Role Playing,
b.      Inquiry,
c.       Problem Solving,
d.      Picture and Picture,
e.       Metode Jigsaw.

70.  Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, 
adalah:
a.       Role Playing,
b.      Inquiry,
c.       Problem Solving,
d.      Picture and Picture,
e.       Metode Jigsaw.

71.  Beragam teknik penilaian dapat dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentangkemajuan belajar siswa, baik yang berhubungan dengan proses belajar maupun hasil belajarTeknik-teknik penilain tersebut adalah sebagai berikut, kecuali:
a.       Penilaian unjuk kerja
b.      Penilaian sikap
c.       Penilaian observasi langsung
d.      Penggunaan tertulis

72.  Dalam Soal tes tertulis peserta didik tidak selalu merespon dalam bentuk menulis jawaban tetapi dapat juga dalam bentuk yang lain seperti berikut, kecuali:
a.       Memberi tanda
b.      Mewarnai
c.       Membaca
d.      Menggambar

73.  Tes tertulis dalam bentuk mensuplai jawaban dapat dibedakan, kecuali menjadi:
a.       multiple choice
b.      isian
c.       jawaban singkat
d.      uraian.

74.  Tes ini dapat digunakan untuk menilai kemampuanberfikir tinggi !
a.       tes sebab-akibat
b.      tes benar – salah
c.       tes menjodohkan
d.      tes pilihan ganda.

75.  Tes tertulis bentuk ini merupakan alat penilaian yang menuntut peserta didik untuk mengingat, memahami, dan mengorganisasikan gagasannya atau hal- hal yang telah dipelajarinya.
a.       jawaban singkat
b.      uraian
c.       isian
d.      pilihan ganda.

76.  Dalam menyusun alat penilaian tertulis perlu dipertimbangkan hal-hal berikut, kecuali .........
a.       jumlah item
b.      karakteristik mata pelajaran
c.       materi
d.      konstruksi

77.  Tes pilihan ganda memiliki beberapa kekurangan diantaranya tersebut berikut ini, kecuali .........
a.       peserta didik tidak mengembangkan sendiri jawabannya
b.      menimbulkan kecenderungan anak didik tidak belajar
c.       kurang dapat untuk memodifikasi kegiatan pembelajaran
d.      banyak digunakan untuk penilaian ketrampilan berbahasa secara formal.

78.  Kelemahan tes tertulis bentuk uraian antara lain .....
a.       peserta didik dapat mengekspresikan gagasan atau pendapatnya
b.      dapat menilai berbagai jenis kompetensi
c.       cakupan materi yang ditanyakan terbatas
d.      peserta didik dituntut untuk mengemukakan pendapatnya dengan kata-katanya sendiri.

79.  Keberhasilan pembelajaran bergantung pada beberapa hal, kecuali ....
a.       efektifitas penilaian kelas
b.      cost benefit yang besar
c.       perancangan penilaian secara sistemasis
d.      perlakuan penilaian yang secara terus-menerus dan berkesinambungan.

80.  Penilaian kelas yang baik akan memberikan informasi yang bermanfaat, kecuali
a.       bagi orang tua, dapat meningkatkan gairah kerjanya agar dapat membiayai sekolah anak-anaknya
b.      bagi guru, dapat meningkatkan efektifitas mengajarnya
c.       bagi peserta didik, akan meningkatkan kualitas kegiatan/hasil belajarnya
d.      mampu memotivasi anak didik meningkatkan terus upaya belajarnya.

81.  KTSP menuntut adanya perubahan dalam mengelola proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus 
(a). Inovatip dan Kreatip 
(b) Paradikma Teaching berubah menjadi learning
 (c). cara berpikir produktip menjadi reflektip dan 
(d ). Demonstrating the knowledge. 
Soal : dari pernyataan tersebut yang tidak sesuai adalah :
            a. (a) dan (b)  
b. (a) dan (d) 
c. (d)  
d. (c)

82.  Menggunakan media dan menggunakan teknik presentasi merupakan salah satu cara mengelola pembelajaran akan :
            (a) menarik perhatian siswa. 
(b). Membosankan siswa
            (c). Meningkatkan daya serap siswa  
(d). Merepotkan dan membebani guru
            Soal : Dari pernyataan tersebut yang benar adalah :
a.       (a) dan (b)  
b.      (a) dan (c)  
c.       (b) dan (d)  
d.      (c)dan (d)

83.  Sumber belajar adalah segala macam sumber yang memungkinkan siswa belajar. Ada bermacam-macam sumber belajar yaitu yang benar terdiri dari :
a.       pesan dan orang  
b.      Alat dan teknik
c.       Lingkungan, 
d.      pesan dan bahan
(boleh pilih lebih dari satu jawaban)

84.  Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar siswa.
Soal : Pernyataan tersebut merupakan konsep media yang dinyatakan oleh: 
a.       Palmer, W  
b.      Gagne  
c.       Bright  
d.      AECT

85.  Yang termasuk bahan pertimbangan dalam memilih media dalam pembelajaran diantaranya adalah :
a.       harus membuat terlebih dulu
b.      Kesesuaian dengan tujuan dan bahan
c.       harganya mahal dan modern
d.      Pengoperasiannya sulit.

86.  Manakah media yang paling baik untuk mengajar
a.       VCD  
b.      Flip  
c.       Hart  
d.      OHT  
e.       LCD

87.  Fungsi GBIPM (Garis Besar Isi Program Media) adalah
a.       instrument perencanaan media dalam pembelajaran
b.      Instrument Pengembangan Media dalam pembelajaran
c.       Instrument Pemilihan Media dalam pembelajaran
d.      Perencanaan Program Media dalam pembelajaran
            (boleh pilih lebih dari satu jawaban)

88.  Media dalam pembelajaran harus didisain dengan baik dan menarik. Hal ini karena media bukan semata  mata  berperan  sebagai perantara  atau pengantar pesan,  tetapi  media juga perperan sebagai Perangsang:
a.       Pikiran dan Perasaan  
b.      Perhatian dan minat
c.       Menarik perhatian  
d.      Menarik Minat. 
(boleh memilih dua opsi yang tepat)

89.  Pilihlah jenis huruf berikut ini yang menurut saudara paling tepat untuk membuat media   OHT/Slide presentasi
a.       Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
b.      Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
c.       Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran
d.       Media sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran

90.  Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
a.       sikap penulis
b.      panjang tulisan
c.       struktur sajian
d.      penggunaan bahasa


91.  Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
a.       pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
b.      pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
c.       abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
d.      abstrak, bagian inti, penutup

92.  Bagian penutup suatu karya tulis ilmiah, pada umumnya menyajikan tentang
a.       rangkuman dan tindak lanjut
b.      simpulan umum
c.       rekomendasi penulis
d.      simpulan dan saran

93.  Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh  subatansi  karya tulis ilmiah, kecuali
a.       Pendidikan
b.      Kebudayaan
c.       Pemulung
d.      informatika

94.  Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada,  kecuali
a.       fakta atau kenyataan
b.      argumentasi
c.       teori yang diakui kebenarannya
d.      data empirik/hasil penelitian

95.  Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
a.       Resmi
b.      Baku
c.       Impersonal
d.      personal

96.  Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi  komponen
a.       daftar pustaka
b.      abstrak
c.       daftar tabel
d.      lampiran

97.  Berikut ini adalah ciri-ciri suatu karya tulis ilmiah, kecuali
a.       memaparkan bidang ilmu tertentu
b.      merupakan deskripsi suatu kejadian
c.       menggunakan gaya bahasa resmi
d.      disajikan secara sistematis

98.  Di antara judul berikut, yang manakah yang paling sesuai untuk judul karya tulis ilmiah
a.       senjata makan tuan
b.      kumbang cantik pengisap madu
c.       pengaruh gizi pada pertumbuhan anak
d.      pengaruh obat bius yang menghebohkan





99.  Untuk membedakan karya tulis ilmiah dan karya tulis bukan ilmiah, seseorang  dapat mengkaji berbagai aspek tulisan. Salah satu aspek yang dapat digunakan sebagai  pembeda adalah
a.       sistematika tulisan
b.      panjang tulisan
c.       ragam bahasa yang digunakan
d.      pengarang

100.   Artikel dapat dikelompokkan menjadi
a.       artikel laporan dan artikel rujukan
b.      artikel konseptual dan artikel teoritis
c.       artikel hasil telaahan dan artikel teoritis
d.      artikel hasil laporan dan artikel hasil telaahan

101.   Dari sudut ide, salah satu dari empat faktor yang harus diperhatikan untuk  menghasilkan tulisan ilmiah yang berkualitas tinggi adalah
a.       kelayakan ide untuk dipublikasikan
b.      wacana tentang ide yang sedang berkembang
c.       kesiapan ide untuk didiskusikan
d.      persamaan persepsi para ahli di bidang yang sama

102.   Tulisan analisis konseptual terdiri dari  
a.       judul, abstrak, data, pembahasan, dan referensi
b.      judul, abstrak, pendahuluan, diskusi, referensi
c.       judul pendahuluan, diskusi, kesimpulan referensi
d.      judul, pendahuluan, temuan, pembahasan, referensi

103.   Dalam suatu artikel konseptual, bagaimana teori/konsep yang ditawarkan dapat  berkontribusi dalam peta pengetahuan dimuat pada bagian
a.       Abstrak
b.      Pendahuluan
c.       Diskusi
d.      referensi

104.   Referensi memuat semua rujukan yang
a.       pernah dibaca penulis
b.      perlu dibaca pembaca
c.       dimuat dalam badan tulisan
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

No comments:

Post a Comment

Jika berkenan silahkan tinggalkan pesan anda untuk masukan kami