Sunday, May 19, 2013

INFO SERTIFIKASI GURU



Selamat Datang

Layanan ini disediakan untuk memberikan informasi setifikasi guru.


Selama proses sertifikasi guru, pada tahap sebelum maupun sesudahnya, tidak dipungut biaya apapun

Verifikasi Data

Terkait tahap verifikasi data guru, daftar guru belum bersertifikat pendidik dan panduan penetapan peserta sertifikasi guru tahun 2013 dapat dilihat melalui tautan berikut ini
PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI GURU 
TANGGAL 3 - 15 JUNI 2013



Informasi Sebelumnya


Informasi terkait Olimpiade Sains Nasional Guru. Penetapan peserta OSN Guru dan undangan OSN Guru

Wednesday, May 8, 2013

UJI COBA UKG KOTA BATAM 2013

Berdasarkan Surat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Riau Nomor : 412/J21/LL/2013 Tanggal 7 Mei 2013 Perihal : Pelaksanaan Uji coba Tahap I Tahun 2013, sehubungan itu perlu kami sampaikan kepada guru-guru yang telah tertera pada lampiran ini untuk dapat mengikuti Uji Coba Tahap I UKG Tahun 2013 yang akan dilaksanakan pada :
  • Tanggal : 10 Mei 2013
  • Pukul : 07.30 s.d 10.00 WIB
  • Tempat Pelaksanaan dan peserta : Terlampir (klik disini)
PelaksanaanUJI COBA UKG Online ini dilakukan hanya untuk melihat kesiapan penyelenggara Ujian UKG kota Batam sebelum waktu penyelenggaraan tiba.

Jadwal pelaksanaan sesungguhnya masih menunggu berita selanjutnya dari Pusat,-

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasaman yang baik kami ucapkan terima kasih.




Berdasarkan surat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan tanggal 16 Mei 2013 Nomor : 476/j21/LL/2013 Perihal : Pelaksanaan Uji Coba Tahap II Tahun 2013, sehubungan dengan itu kami sampaikan Peserta Uji Coba UKG Tahap 2 yang dapat dilihat Klik disini Pelaksanaan Tanggal 23 atau 24 Mei 2013. Mohon maaf perubahan tanggal mendadak dari Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Mohon maklum

Untuk pemberitahuan bahwa Jadwal UKG Tahun 2013 diundur tanggal 3 s.d 15 Juni 2013. Akan ada perbaikan Jadwal UKG, maka dimohon untuk melihat datanya kembali sehubungan informasi diatas. Data akan berubah setelah tanggal 17 Mei 2013 jam 00.00 WIB


Bagi guru yang datanya salah pada web sergur.kemdiknas.go.id dapat segera memperbaiki datanya ke Dinas Pendidikan Kota Batam, perbaikan data hanya akan dilayani pada tanggal 16 s.d 21 Mei 2013. Untuk diketahui bahwa data yang dapat dirubah hanya Mata pelajaran dan Tempat tugas. Terima kasih

sumber info : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Batam / 

CONTOH PROPOSAL PTK / PTK - TK/SD/SMP/SMA

Tuesday, May 7, 2013

CONTOH SOAL UKG GURU KELAS SD - MANUAL

CONTOH SOAL UKG GURU KELAS


NB : Bagian yang bercetak miring merupakan jawaban dari soal tersebut.
Selamat belajar dan sukses selalu.

1)       Di bawah ini adalah jenis perilaku yang dikembangkan Quellmalz, kecuali:


A.
ingatan


B.
mencipta 


C.
perbandingan 

2)
Norman E. Gronlund dan R.W. de Maclay mengembangkan domain psicomotor dengan urutan berikut.


A.
persepsi, kesiapan, mekanisme, respon terpimpin respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai 

B.
persepsi, respon terpimpin, mekanisme; kesiapan, respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai

C.
persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme; respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai 

3)
Hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau perasaan dalam mengukur sikap termasuk dalam dimensi:

A.
toleransi 


B.
afeksi 


C.
konasi



4)
Penilaian yang dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara langsung adalah salah satu kelebihan dari teknik penilaian;


A.
tes lisan 


B.
tes tertulis


C.
tes perbuatan 



5)
Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:

A.
dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan peserta didik dalam menentukan waktu dan tempat tes.


B.
lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian


C.
hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik 


6)
Validitas dalam penyusunan instrumen non tes yang mengacu berdasarkan teori adalah:


A.
validitas konstruk 


B.
validitas prediktif


C.
validitas empiris



7)
Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut ini adalah...

A.
tes tertulis


B.
tes lisan 


C.
tes kinerja


8)
Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut


A.
ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi 


B.
ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi 


C.
ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi



9)
Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali:

A.
menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya


B.
menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya


C.
menentukan kriteria ketuntasan minimal


10)
Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan materi   terkait dengan assesmen, kecuali:


A.
urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,


B.
relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain


C.
ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik 



11)
Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagai sarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar peserta didik. Berikut ini yang merupakan teknik penilaian melalui tes adalah...


A.
teknik wawancara 

B.
observasi 

C.
lembar penilaian fortofolio
12)

Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...


A.
menggunakan kata kerja operasional 


B.
kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum


C.
komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami 


13)


Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:


A.
prkatik/kinerja 


B.
portofolio 


C.
penilaian diri


14)

Tahap persiapan, tahap proses/produksi dan tahap akhir/hasil, merupakan beberapa aspek yang dinilai dalam penilaian...


A.
performance Assessment

B.
verbal 

C.
product 

15)

Yang merupakan tes kreativitas adalah...


A.
tes verbal 


B.
tes lisan


C.
tes analisis 



16)

Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa:


A.
stándar kompetensi 

B.
kompetensi dasar

C.
standar kompetensi kelulusan

17)
Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:


A.
obyektif


B.
valid 


C.
akuntabel 


18)

Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:

A.
afektif 

B.
psikomotor psikologis

C.
psikologis

19)

Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:


A.
obyektif


B.
valid 


C.
sistematis 



20)

kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laku melalui latihan dan pengalaman   dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang dapat diukur melalui: toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuran adalah definisi operasional dari:


A. aktivitas belajar

B. motifasi berprestasi


C. minat belajar


21)

Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi, kecuali:


A.
soal harus sesuai dengan indikator


B.
setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan


C.
ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal 


22)


Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir soal, kecuali:


A.
menentukan batas ketuntasan/kelulusan 

B.
menentukan kompetensi yang akan diujikan

C.
menentukan materi yang diujikan 
23)
Dalam penulisan soal bentuk uraian hal yang sulit adalah menyusun pedoman penskorannya. Berdasarkan metode penskorannya. bentuk uraian diklasifikasikan menjadi 2 yaitu....


A.
evaluasi dan analisis

B.
komunikatif dan inovatif

C.
uraian objektif dan uraian non-objektif 
24)

Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang, kaidah penulisan soal pilihan ganda berdasarkan kaidah:


A.
materi


B.
kejelasan 


C.
bahasa

25)

Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....



A.
sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran

B.
merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran

C.
Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan mellaui metode kualitatif atau kuantitatif 
26)
KKM sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Pernyataan tersebut merupakan:

A.
prinsip KKM

B.
tujuan KKM 

C.
manfaat KKM
27)
Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau pengecohnya merupakan syarat dari...

A.
penyusunan kisi-kisi


B.
perumusan indikator soal 


C.
penentuan dan penyebaran soal


   
28)
Materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik adalah pertimbangan untuk dimuat dalam butir-butir soal berdasarkan kriteria:

A.
urgensi 


B.
kontinuitas


C.
relevansi


29)
Penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan adalah:

A.
penilaian projeck


B.
penilaian kinerja


C.
penilaian portofolio



30)
Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapat ini dikemukakan oleh...

A.
Grondlund

B.
Crites

C.
Crites 

31)
Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkan Linn dan Gronlund, kecuali:

A.
menjelaskan 


B.
hubungan sebab-akibat


C.
membandingkan



32)
Assesmen hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:

A.
objektip,


B.
kooperatip; 


C.
terpadu.



33)
Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:

A.
obyektif


B.
valid


C.
sistematis 


34)
Daftar pertanyaan merupakan bentuk instrumen untuk teknik penilaian:

A.
tes tertulis 


B.
tes kinerja


C.
portofolio



35)
Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahap akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalah penilaian dengan menggunakan teknik penilaian:

A.
produk 


B.
penugasan


C.
lisan


36)
Materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain adalah hal penting dalam membuat soal berdasarkan kriteria:

A.
kontinuitas


B.
urgensi


C.
relevansi 


37)
Sebuah penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan adalah:


A.
penilaian projeck


B.
penilaian kinerja 


C.
penilaian produk


38)

 Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah:

A.
pengukuran

B.
penilaian

C.
evaluasi 

39)
 Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah:

A.
pengukuran 

B.
pensekoran

C.
penilaian


40)
Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali:

A.
menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi;

B.
dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek. 

C.
dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran;