CONTOH SOAL UKG GURU KELAS
NB : Bagian yang bercetak miring merupakan jawaban dari soal tersebut.
Selamat belajar dan sukses selalu.
1) Di bawah ini adalah jenis perilaku yang dikembangkan Quellmalz, kecuali:
|
|
|
A.
|
ingatan
|
|
|
B.
|
mencipta
|
|
|
C.
|
perbandingan
|
|
2)
Norman E. Gronlund dan R.W. de Maclay mengembangkan domain psicomotor dengan urutan berikut.
|
|
|
A.
|
persepsi, kesiapan, mekanisme, respon terpimpin respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai
|
|
B.
|
persepsi, respon terpimpin, mekanisme; kesiapan, respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai
|
|
C.
|
persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme; respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai
|
| | | | | | |
|
3)
| | |
Hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau perasaan dalam mengukur sikap termasuk dalam dimensi:
|
|
A.
|
toleransi
|
|
|
B.
|
afeksi
|
|
|
C.
|
konasi
|
|
|
4)
| | |
Penilaian yang dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara langsung adalah salah satu kelebihan dari teknik penilaian;
|
|
|
A.
|
tes lisan
|
|
|
B.
|
tes tertulis
|
|
|
C.
|
tes perbuatan
|
|
| | | | | | | | | | | | | |
|
5)
| | |
Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:
|
|
A.
|
dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan peserta didik dalam menentukan waktu dan tempat tes.
|
|
|
B.
|
lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian
|
|
|
C.
|
hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik
|
|
6)
| | |
Validitas dalam penyusunan instrumen non tes yang mengacu berdasarkan teori adalah:
|
|
|
A.
|
validitas konstruk
|
|
|
B.
|
validitas prediktif
|
|
|
C.
|
validitas empiris
|
|
| | | | | | | | | | | | | |
|
7)
| | |
Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut ini adalah...
|
|
A.
|
tes tertulis
|
|
|
B.
|
tes lisan
|
|
|
C.
|
tes kinerja
|
|
8)
| | |
Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut
|
|
|
A.
|
ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi
|
|
|
B.
|
ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis, dan evaluasi
|
|
|
C.
|
ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
|
|
| | | | | | | | | | | | | |
|
9)
| | |
Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali:
|
|
A.
|
menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya
|
|
|
B.
|
menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya
|
|
|
C.
|
menentukan kriteria ketuntasan minimal
|
|
10)
| | |
Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan materi terkait dengan assesmen, kecuali:
|
|
|
A.
|
urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
|
|
|
B.
|
relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain
|
|
|
C.
|
ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik
|
|
| | | | | | | | | | | | |
|
11)
| | |
Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagai sarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar peserta didik. Berikut ini yang merupakan teknik penilaian melalui tes adalah...
|
|
|
A.
|
teknik wawancara
|
|
B.
|
observasi
|
|
C.
|
lembar penilaian fortofolio
|
12)
| | |
|
Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...
|
|
|
A.
|
menggunakan kata kerja operasional
|
|
|
B.
|
kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum
|
|
|
C.
|
komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami
|
|
| | | | | | | | | | | | | | |
13)
|
| |
|
Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:
|
|
|
A.
|
prkatik/kinerja
|
|
|
B.
|
portofolio
|
|
|
C.
|
penilaian diri
|
|
14)
| | |
|
Tahap persiapan, tahap proses/produksi dan tahap akhir/hasil, merupakan beberapa aspek yang dinilai dalam penilaian...
|
|
|
A.
|
performance Assessment
|
|
B.
|
verbal
|
|
C.
|
product
|
| | | | | | | |
15)
| | |
|
Yang merupakan tes kreativitas adalah...
|
|
|
A.
|
tes verbal
|
|
|
B.
|
tes lisan
|
|
|
C.
|
tes analisis
|
|
|
16)
| | |
|
Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa:
|
|
|
A.
|
stándar kompetensi
|
|
B.
|
kompetensi dasar
|
|
C.
|
standar kompetensi kelulusan
|
| | | | | | | | | |
17)
| | |
Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
|
|
|
A.
|
obyektif
|
|
|
B.
|
valid
|
|
|
C.
|
akuntabel
|
|
18)
| | |
|
Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:
|
|
A.
|
afektif
|
|
B.
|
psikomotor psikologis
|
|
C.
|
psikologis
|
| | | | | | | | | | |
19)
| | |
|
Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
|
|
|
A.
|
obyektif
|
|
|
B.
|
valid
|
|
|
C.
|
sistematis
|
|
|
20)
| | |
|
kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laku melalui latihan dan pengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang dapat diukur melalui: toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuran adalah definisi operasional dari:
|
|
|
A. aktivitas belajar
| |
|
B. motifasi berprestasi
|
|
|
C. minat belajar
|
|
| | | | | | | |
21)
| | |
|
Di bawah ini merupakan kaÃdah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi, kecuali:
|
|
|
A.
|
soal harus sesuai dengan indikator
|
|
|
B.
|
setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan
|
|
|
C.
|
ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
|
|
|
22)
|
| |
|
Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir soal, kecuali:
|
|
|
A.
|
menentukan batas ketuntasan/kelulusan
|
|
B.
|
menentukan kompetensi yang akan diujikan
|
|
C.
|
menentukan materi yang diujikan
|
| | | | | | | | |
23)
| | |
Dalam penulisan soal bentuk uraian hal yang sulit adalah menyusun pedoman penskorannya. Berdasarkan metode penskorannya. bentuk uraian diklasifikasikan menjadi 2 yaitu....
|
|
|
A.
|
evaluasi dan analisis
|
|
B.
|
komunikatif dan inovatif
|
|
C.
|
uraian objektif dan uraian non-objektif
|
24)
| | |
|
Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang, kaidah penulisan soal pilihan ganda berdasarkan kaidah:
|
|
|
A.
|
materi
|
|
|
B.
|
kejelasan
|
|
|
C.
|
bahasa
|
|
| | | | | | | | | | |
Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
|
|
|
|
A.
|
sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
|
|
B.
|
merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
|
|
C.
|
Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan mellaui metode kualitatif atau kuantitatif
|
26)
| | |
KKM sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Pernyataan tersebut merupakan:
|
|
A.
|
prinsip KKM
|
|
B.
|
tujuan KKM
|
|
C.
|
manfaat KKM
|
| | | | | |
27)
| | |
Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau pengecohnya merupakan syarat dari...
|
|
A.
|
penyusunan kisi-kisi
|
|
|
B.
|
perumusan indikator soal
|
|
|
C.
|
penentuan dan penyebaran soal
|
|
|
28)
| | |
Materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik adalah pertimbangan untuk dimuat dalam butir-butir soal berdasarkan kriteria:
|
|
A.
|
urgensi
|
|
|
B.
|
kontinuitas
|
|
|
C.
|
relevansi
|
|
| | | | | | | | |
29)
| | |
Penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan adalah:
|
|
A.
|
penilaian projeck
|
|
|
B.
|
penilaian kinerja
|
|
|
C.
|
penilaian portofolio
|
|
|
30)
| | |
Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapat ini dikemukakan oleh...
|
|
A.
|
Grondlund
|
|
B.
|
Crites
|
|
C.
|
Crites
|
| | | | | | | | |
|
31)
| | |
Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkan Linn dan Gronlund, kecuali:
|
|
A.
|
menjelaskan
|
|
|
B.
|
hubungan sebab-akibat
|
|
|
C.
|
membandingkan
|
|
|
32)
| | |
Assesmen hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
|
|
A.
|
objektip,
|
|
|
B.
|
kooperatip;
|
|
|
C.
|
terpadu.
|
|
| | | | | | | | |
|
33)
| | |
Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
|
|
A.
|
obyektif
|
|
|
B.
|
valid
|
|
|
C.
|
sistematis
|
|
34)
| | |
Daftar pertanyaan merupakan bentuk instrumen untuk teknik penilaian:
|
|
A.
|
tes tertulis
|
|
|
B.
|
tes kinerja
|
|
|
C.
|
portofolio
|
|
| | | | | | | | | | | |
|
35)
| | |
Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahap akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalah penilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
|
|
A.
|
produk
|
|
|
B.
|
penugasan
|
|
|
C.
|
lisan
|
|
36)
| | |
Materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain adalah hal penting dalam membuat soal berdasarkan kriteria:
|
|
A.
|
kontinuitas
|
|
|
B.
|
urgensi
|
|
|
C.
|
relevansi
|
|
| | | | | | | | | |
37)
| | |
Sebuah penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan adalah:
|
|
|
A.
|
penilaian projeck
|
|
|
B.
|
penilaian kinerja
|
|
|
C.
|
penilaian produk
|
|
38)
| | |
|
Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah:
|
|
A.
|
pengukuran
|
|
B.
|
penilaian
|
|
C.
|
evaluasi
|
| | | | | | | | | | | | |
|
39)
| | |
Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah:
|
|
A.
|
pengukuran
|
|
B.
|
pensekoran
|
|
C.
|
penilaian
|
|
40)
| | |
Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali:
|
|
A.
|
menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi;
|
|
B.
|
dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek.
|
|
C.
|
dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran;
|